Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perancang Stadion Barcelona Meninggal Dalam Usia 92 Tahun Karena Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 Maret 2020, 06:04 WIB
Perancang Stadion Barcelona Meninggal Dalam Usia 92 Tahun Karena Virus Corona
Ilustrasi/Net
rmol news logo Perancang stadion Olimpiade Musim Panas Barcelona 1992, Vittorio Gregotti, wafat pada Minggu (15/3). Gregotti wafat pada usia 92 tahun setelah terkena virus corona.

Sebelumnya, Gregotti dirawat karena pneumonia di rumah sakit di Milan, seperti dikabarkan kantor berita AGI , melansir Business Standar, Minggu (15/3).

Pada masa hidupnya. Gregotti juga adalah perancang Arcimboldi Opera Theatre di Milan, sebuah gedung bergaya futuristik yang dibangun untuk memungkinkan musim opera berlanjut.

Arsitek yang lahir di Novara pada 1927 ini adalah lulusan arsitektur dari Politeknik Milan 1952. Dia adalah profesor komposisi arsitektur di IUAV (Institut Arsitektur - Universitas Venesia) dan mengajar di Fakultas Arsitektur di Milan dan Palermo.

Dia juga bertindak sebagai profesor tamu di Universitas Tokyo, Buenos Aires, Sao Paulo, Lausanne, Harvard, Philadelphia, Princeton, Cambridge (Inggris) dan di MIT di Cambridge (AS). Dia bertanggung jawab untuk bagian pengantar Triennale XIII (Milan, 1964) yang memenangkan Grand Prix Internasional, dan dari 1974 hingga 1976 dia adalah direktur bagian seni visual dan arsitektur Biennale di Venezia.

Stefano Boeri, sesama arsitek Italia menyebut Gregotti seorang "ahli arsitektur internasional" yang menciptakan kisah budaya Italia.

"Ini kesedihan yang luar biasa," tulis Boeri dalam akun Facebook.

Gregotti meninggalkan seorang isteri, Mariana Mazza, yang saat ini dirawat di rumah sakit yang sama di Milan.

Vittorio Gregotti terlibat dalam rancangan pembangunan stadion olimpiade musim panas Barcelona yang mulanya adalah sebuah stadion untuk Pameran Internasional  1929. Pada tahun tujuh puluhan stadion itu sudah tidak digunakan, dan tribunnya memburuk.

Tahun 1989 stadion itu direnovasi dan dijadikan stadion Olimpiade Musim Panas 1992 yang melibatkan arsitek Italia Vittorio Gregotti. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA