Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berlakukan Status Darurat, PM Australia: Kejadian Ini Mungkin Terjadi Seratus Tahun Sekali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 Maret 2020, 13:01 WIB
Berlakukan Status Darurat, PM Australia: Kejadian Ini Mungkin Terjadi Seratus Tahun Sekali
Perdana Menteri Scott Morrison/Net
rmol news logo Perdana Menteri Australia, Scott Morrison telah memberlakukan darurat biosekuriti manusia dan mengumumkan semua warga negaranya tidak bisa melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Hidung sedang berubah di Australia, seperti perubahan di seluruh dunia," ujar Morrison pada Rabu (18/3) seperti dimuat Reuters.

"Hidup akan terus berubah, karena kita berurusan dengan virus corona global. Hal seperti ini mungkin terjadi dalam sekali seratus tahun," lanjutnya.

Deklarasi darurat tersebut merupakan saran untuk meningkatkan kewaspadaan di level 4, di mana warga dilarang untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dan tidak melakukan pertemuan dalam ruangan yang dihadiri oleh lebih dari 100 orang.

Dengan adanya deklarasi ini, maka pemerintah berwenang untuk menutup suatu kota maupun daerah, memberlakukan jam malam, dan memerintahkan orang untuk melakukan karantina jika dianggap terinfeksi.

Dalam pengumuman tersebut, Morrison juga kembali menegaskan pentingnya melakukan social distancing dan cuci tangan secara teratur.

Saat ini, Australia sendiri mencatat hampir 500 kasus corona dengan 6 kematian. Walaupun jumlah cukup kecil dibandingkan negara lain, namun para pejabat khawatir dengan kenaikan kasus secara signifikan seperti yang dialami beberapa negara, misalnya Italia dan negara-negara Eropa lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA