Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laporkan Nol Kasus Baru, Status Lockdown Wuhan Segera Dicabut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 19 Maret 2020, 11:42 WIB
Laporkan Nol Kasus Baru, Status <i>Lockdown</i> Wuhan Segera Dicabut
Wuhan/Net
rmol news logo Kota Wuhan yang menjadi tempat pertama terindentifikasinya virus corona (Covid-19) tampaknya akan segera mencabut aturan lockdown.

Dilaporkan China Daily yang mengutip Direktur Laboratorium Diagnosis dan Perawatan Penyakit Menular China, Li Lanjuan, lockdown di Wuhan mungkin akan dapat dicabut pada pertengahan atau akhir Maret.

Namun, hal tersebut dapat dilakukan jika tidak ada kasus baru selama 14 hari berturur-turut.

"Jika tidak ada kasus baru dari virus corona telah dilaporkan selama 14 hari berturut-turut di Wuhan setelah kasus yang dilaporkan terakhir, kami percaya itu akan menjadi waktu ketika penguncian dapat secara bertahap dicabut," ujar Li kepada China Daily seperti dimuat Reuters.

"Kami berharap kasus baru akan berhenti muncul pada pertengahan atau akhir Maret," lanjutnya.

Kendati nantinya penguncian dicabut, pihaknya akan terus melakukan langkah ketat untuk mengendalikan virus guna mencegah kemungkinan adanya rebound.

“Setelah kuncian dilonggarkan, kita masih perlu melakukan langkah-langkah rutin untuk mencegah dan mengendalikan virus untuk mencegah kemungkinan meletusnya wabah," ungkapnya.

Wuhan yang berpenduduk 11 juta jiwa ini telah dikunci sejak festival Tahun Baru Imlek pada pertengahan Januari. Wuhan menjadi satu-satunya kota yang masih ditetapkan sebagai kota berisiko tinggi dan penduduk dilarang untuk bepergian.

Pada Rabu (18/3), untuk pertama kalinya Wuhan melaporkan nol kasus sejak wabah. Secara keseluruhan, China memang tidak memiliki kasus lokal, namun memiliki lonjakan kasus impor, yaitu 34 kasus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA