Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekjen PBB: Corona Bisa Renggut Jutaan Nyawa Jika Negara-negara Tidak Bersatu Melawan Wabah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 Maret 2020, 17:32 WIB
Sekjen PBB: Corona Bisa Renggut Jutaan Nyawa Jika Negara-negara Tidak Bersatu Melawan Wabah
Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres/Net
rmol news logo Jutaan orang, terutama di negara-negara miskin bisa meninggal dunia karena terinfeksi virus corona (Covid-19) jika dibiarkan menyebar tanpa pengawasan.

Demikian yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres pada Kamis (19/3) ketika meminta seluruh negara dunia untuk bersatu berkoordinasi merespons virus corona.

"JIka kita membiarkan virus menyebar seperti api, terutama di wilayah paling rentan di dunia, itu akan membunuh jutaan orang," kata Guterres seperti dimuat CNA.

"Solidaritas global bukan hanya keharusan moral, itu demi kepentingan semua manusia," lanjutnya.

Guterres mendesak agar semua negara saling mendukung dalam upaya multilateral memerangi virus di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita perlu segera beralih dari situasi di mana masing-masing negara melakukan strategi kesehatannya sendiri ke situasi yang memastikan dalam transparansi penuh, respons global terkoordinasi, termasuk membantu negara-negara yang kurang siap menghadapi krisis," imbuh Guterres.

Kembali dikatakan Guterres, IMF, Bank Dunia, dan lembaga internasional lainnya memiliki peran kunci untuk menyediakan fasilitas keuangan bagi negara-negara yang mengalami kesulitan menagani wabah.

"Dan kita harus menahan diri dari godaan untuk menggunakan proteksionisme. Ini adalah waktu untuk membongkar hambatan perdagangan dan membangun kembali rantai pasokan," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA