Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lacak Penyebaran Virus Corona, Singapura Luncurkan Aplikasi TraceTogether.

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 21 Maret 2020, 00:48 WIB
Lacak Penyebaran Virus Corona, Singapura Luncurkan Aplikasi TraceTogether.
Warga Singapura mengenakan masker untuk menghindari penularan virus corona/Reuters
rmol news logo Singapura tidak main-main dalam meredam pandemi virus corona yang terjadi di negara tersebut.

Jelang akhir pekan ini, Singapura meluncurkan aplikasi smartphone pelacakan kontak untuk memungkinkan pihak berwenang mengidentifikasi mereka yang telah terpapar pada orang yang terinfeksi virus corona.

Langkah ini meurpakan bagian dari upaya pemerintah Singapura untuk mengekang penyebaran virus bernama resmi Covid-19 tersebut.

Aplikasi yang baru diluncurkan itu bernama TraceTogether. Aplikasi tersebut akan bekerja dengan menukar sinyal Bluetooth jarak pendek antara ponsel untuk mendeteksi pengguna lain yang berpartisipasi dalam jarak 2 meter.

Rekaman pertemuan tersebut kemudian akan disimpan secara lokal di setiap ponsel dengan aplikasi, yang dikembangkan oleh Badan Teknologi Pemerintah Singapura (GovTech) dan kementerian kesehatan.

Pengguna harus mengirim log ketika diminta oleh Kementerian Kesehatan. Jika tidak, maka pengguna tidak akan tidak memiliki pengetahuan tentang data semacam itu.

Data yang disimpan di ponsel pengguna akan dienkripsi dan aplikasi tidak akan mengakses informasi lain, seperti lokasi pengguna.

"Teknik ini telah menjaga privasi pengguna dari satu sama lain," kata seorang menteri senior negara, Janil Puthucheary, seperti dimuat Reuters.

Walaupun mengunduh aplikasi itu tidak wajib, namun pemerintah mengatakan akan mendorong setiap orang untuk melakukannya.

Fungsionalitas TraceTogether sendiri akan ditangguhkan setelah epidemi mereda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA