Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Walau Belum Ada Kasus Virus Corona, Uganda Telah Bersiap Dengan Langkah Sigap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 21 Maret 2020, 11:39 WIB
Walau Belum Ada Kasus Virus Corona, Uganda Telah Bersiap Dengan Langkah Sigap
Ilustrasi, Uganda Memeriksa Kondisi Warganya/Net
rmol news logo Tidak ingin seperti negara-negara lain yang memiliki kasus virus corona, Uganda segera mengantisipasi masuknya wabah tersebut sedini mungkin dan langsung bergerak setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus Corona menjadi pandemi.

Selagi belum ada satu pun kasus di negara itu, Presiden Uganda, Yoweri Museveni, segera sigap membatasi kedatangan orang asing dari 16 negara yang terpapar virus Corona, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

"Hingga saat ini, Uganda tak memiliki kasus virus Corona, namun negara tetangga, termasuk Kenya, Tanzania, dan Rwanda mengonfirmasi ada kasus virus Corona akhir pekan lalu, sedangkan Kongo mengonfirmasi ada kasus coronavirus di pekan sebelumnya,' kata Museveni seperti dikutip CNN.

Ugada juga melakukan tindakan preventif di antaranya meminta operator kendaraan umum menyediakan tempat mencuci tangan di setiap pemberhentian bus dan memastikan penumpang didisinfektan sebelum naik kendaraan umum itu.

"Tidak perlu melakukan perjalanan jika tak penting, apalagi jika menggunakan kendaraan umum," Museveni mengingatkan.

Area publik dibersihkan dan pemerintah meminta warga diam di rumah kecuali sangat mendesak.

Pemerintah menginstruksikan agar pemilik usaha itu mengikuti prosedur kebersihan serta menyediakan hand sanitizer kepada karyawan atau pelanggan.

Musevei juga memerintahnya segera menutup sekolah dan universitas sejak Jumat (20/3).  

Acara keramaian pun ditiadakan untuk sementara waktu. Untuk acara pernikahan jika tidak bisa ditunda lagi, maka tetap diijinkan asal tidak melebihi 10 orang. Begitu juga dengan pemakaman.

Uganda juga menjamin jika ada yang meninggal karena virus corona maka pemakamannya dan lain-lain akan dijamin pemerintah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA