Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pencegahan Virus Corona Bukan Sekedar Social Distancing, Menhan Israel: Jagalah Orangtua Anda Dengan Tidak Mendekati Mereka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 21 Maret 2020, 12:45 WIB
Pencegahan Virus Corona Bukan Sekedar Social Distancing, Menhan Israel: Jagalah Orangtua Anda Dengan Tidak Mendekati Mereka
Menhan Israel Naftali Bennet/Net
rmol news logo Menteri Pertahanan Israel, Naftali Bennet, memberikan penjelasan mengenai cara pencegahan pandemi Virus Corona.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pencegahan pandemi Virus Corona bukan hanya sekadar melakukan jarak sosial atau social distancing ataupun melakukan pengetesan.

Menurut, Naftali Bannett, wujud dari social distancing tersebut adalah menjaga jarak dengan orang yang sudah tua. Alasannya karena virus corona lebih mudah menyasar pada orang yang sudah lanjut usia dibandingkan dengan anak muda.

"Karena corona memiliki virus yang unik, dalam arti bahwa itu jauh lebih mematikan bagi orang tua daripada bagi orang muda," jelas Bennet dalam tayangan pada channel youtubenya, Sabtu (21/3). 

Menurutnya, rasio kematian pada anak muda dengan usia di bawah 20-30 tahun hanya sekitar 0,1 persen.

Sebaliknya untuk orang tua, perbandingan meninggalnya yaitu 1 dari 5 kasus.

"Di mana orang tua yang berusia di atas 80 dan 70, satu dari lima atau satu dari tujuh di antara mereka yang terpapar virus, akan mati."

Maka dari itu, langkah bijak yang harus dilakukan saat ini di tengah merebaknya Virus Corona yaitu menjauhkan diri dari para orang tua, terutama pada kakek ataupun nenek.

"Jangan sampai para anak muda justru membawa virus corona (courier) kepada keluarganya sendiri, kepada orangtuanya sendiri. Kita bisa tetap melakukan merawat kakek dan nenek dari jauh lewat WhatsApp atau mengirim Skype," lanjut Bennet.

"Bawalah makanan dalam kotak yang bersih yang sudah disterilkan dan bawa ke rumah mereka. Namun, jangan memasuki rumah dan jangan memeluknya."

Masa isolasi tidak akan berlangsung selamanya, maka sediakan waktu untuk membiarkan mereka berada di dalam rumah. Pada saatnya annti virus corona akan mencapai puncaknya. Mungkin tiga-empat minggu. Mereka tidak akan tahu mereka memiliki virus dan pada minggu keempat mereka akan mulai kebal.  

"0,1 persen, lima persen, 20 persen...,  ketika mencapai hanya sekitar 60 persen, 70 persen dari populasi yang akan kebal, epidemi sudah berakhir," terang Bennet.

Saat itulah Nenek dan Kakek bisa keluar.

"Semoga Anda berhasil merawat mereka dan tidak mendekati mereka selama waktu beberapa saat ini," tutup Bennet. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA