Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Surat Untuk Kim Jong Un, Gedung Putih: Ini Konsistensi Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 22 Maret 2020, 21:20 WIB
Soal Surat Untuk Kim Jong Un, Gedung Putih: Ini Konsistensi Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Net
rmol news logo Di tengah pandemi virus corona yang terjadi secara global saat ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengirimkan surat kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Surat itu berisi tawaran batuan untuk memerangi virus bernama resmi Covid-19 tersebut.

Dikabarkan kantor berita Korea Utara, KCNA, seperti dikabarkan ulang CNN (Minggu, 22/3), dalam surat pribadi itu, Trump menyatakan kesediaannya untuk membantu dan bekerjasama melawan pandemi virus corona dengan Korea Utara.

Adik perempuan Kim Jong Un yang juga merupakan wakil direktur departemen pertama untuk Komite Sentral Partai Pekerja Korea Utara, Kim Yo Jong, mengatakan kepada KCNA bahwa dalam surat tersebut, Trump menjelaskan rencananya untuk mendorong hubungan baik antara kedua negara. Trump juga menyatakan niatnya untuk bekerjasama dalam melawan pandemi.

Dalam surat yang sama, Trump juga mengatakan bahwa dia terkesan dengan upaya yang dilakukan oleh Kim Jong Un dalam membela warganya dari ancaman serius wabah ini.

Kim Yo Jong memuji apa yang dilakukan oleh Trump tersebut.

"Kami menganggap itu sebagai penilaian yang baik dan tindakan yang tepat bagi presiden Amerika Serikat untuk melakukan upaya untuk menjaga hubungan baik yang dia miliki dengan ketua kami (Kim Jong Un) dengan mengirimkan surat pribadi lagi pada saat seperti sekarang ketika kesulitan dan tantangan besar menghadang di jalan pengembangan hubungan bilateral," sambungnya.

Menanggapi kabar tersebut, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa Trump memang mengirimkan surat tersebut kepada Kim dengan tujuan melibatkan Korea Utara dalam melawan pandemi global saat ini.

"(Surat tersebut) konsisten dengan upayanya (Trump) untuk melibatkan para pemimpin global selama pandemi yang sedang berlangsung. Presiden berharap untuk melanjutkan komunikasi dengan Ketua Kim," begitu pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, seperti dimuat USA Today. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA