Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lacak Penyebaran Covid-19, Ilmuan Inggris Analisis Mutasi Genom Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 23 Maret 2020, 09:57 WIB
Lacak Penyebaran Covid-19, Ilmuan Inggris Analisis Mutasi Genom Virus Corona
virus corona/Net
rmol news logo Berbagai upaya dilakukan oleh semua pihak untuk menghentikan penyebaran infeksi virus corona atau Covid-19. Pemerintah, tenaga medis, hingga ilmuan.

Di Inggris, para ilmuan berusaha untuk melacak penyebaran corona dengan menganalisis mutasi genom dari virus tersebut.

Senin (23/3), para ilmuan sedang mengumpulkan data dari sampel pasien yang terinfeksi di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Nantinya, para ilmuan di sleuruh Inggris akan bergabung untuk bekerja sama memetakan dan menganalisis kode genetik lengkap dari Covid-19.

"Urutan genomik akan membantu kita memahami Covid-19 dan penyebarannya. Ini juga dapat memandu perawatan di masa depan dan melihat dampak pengaruh," ujar kepala penasihat ilmiah pemerintah, Patrick Vallance seperti dimuat Reuters.

Dalam epidemi, sekuensing genom dapat membantu ilmuan memantau perubahan kecil dalam virus pada skala nasional atau internasional untuk memahami bagaimana penyebarannya.

"Saat ini, pertanyaan penting yang dapat kami bantu jawab dengan pengurutan adalah untuk memantu memahami peran kasus impor di Inggris," uja profesor genomik mikroba dan bioinformatika di Universitas Birmingham, Nick Loman.

"Semua virus mengakumulasi mutasi dari waktu ke waktu, beberapa lebih cepat dari yang lain. Untuk Covid-19, ini baru saja dimulai, tetapi variasi yang muncul ini dapat dilacak secara terperinci," kata seorang profesor di Universitas Oxford, Paul Klenerman.

Proyek yang dengan dana 20 juta pound ini dipimpin oleh Wellcome Sanger Institute yang berspesialisasi dalam penelitian genetika, Public Health England, dan lembaga kesehatan masyarakat lainnya, serta National Health Service. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA