Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Membalas Kebaikan Kamboja, Sahabat Yang Mengunjungi Pertama Kali Saat Wabah Terjadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 24 Maret 2020, 06:03 WIB
China Membalas Kebaikan Kamboja, Sahabat Yang Mengunjungi Pertama Kali Saat Wabah Terjadi
Menteri Kesehatan Kamboja Mam Bunheng (C) menyapa para ahli medis Cina di bandara di Phnom Penh, Kamboja/Net
rmol news logo Kita bisa belajar dari China dan Kamboja. Ketika China diterjang wabah virus corona, Kamboja adalah negara pertama yang memberikan dukungan. Tanpa rasa takut,  Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen menjadi pejabat tinggi negara pertama yang mengunjungi China di awal wabah virus corona terjadi. 

Kini, ketika Kamboja mengalami wabah virus corona, China pun bergerak cepat mengirimkan bantuannya.
Pada Senin (23/3) tim medis dari China tiba di Phnom Penh. Tim medis terdiri dari tujuh ahli yang dipilih oleh Komisi Kesehatan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, mengatakan bantuan ini adalah tanda bersahabatan yang kuat antara China dan kamboja.

Dalam konperensi persnya, Geng mengatakan selain mengirimkan tim medis andalan, China juga menyumbangkan alat-alat medis seperti alat tes virus corona, masker pelindung N95, masker bedah, gaun isolasi, dan pakaian pelindung medis, melansir CGTN, Senin (23/3)
 
Geng mengingatkan lagi peran Kamboja yang begitu mendukung China di awal wabah terjadi dengan mengirimkan donasi dan bahan-bahan pencegahan epidemi.

Raja Kamboja Norodom Sihamoni dan isterinya, Ratu Norodom Monineath Sihanouk, telah memberikan simpati dan dukungan kepada China dengan mengirimkan Perdana Menteri Samdech Techo Hun Sen untuk mengunjungi China saat wabah virus corona menyerang China,” kaya Geng.

Hun Sen berkunjung ke Beijing dan bertemu dengan para pemimpin Tiongkok pada 5 Februari, menandai bahwa ia adalah  pemimpin asing pertama yang mengunjungi China.

Hun Sen juga berkesempatan bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Gedung Great Hall of the People di Beijing. Xi memberikan apresiasinya kepada Kamboja karena membantu China menghadapi corona.

"Seorang teman dibutuhkan adalah teman yang hadir, sebagaimana rakyat Kamboja ada dengan China dalam momen spesial ini," kata Xi ketika itu.
 
Geng mengungkapkan, saat ini Kamboja sedang berjuang keras melawan epidemic.

“Kami yakin akan melakukan upaya terbaik untuk memberikan bantuan komprehensif ke Kamboja," ujar Geng.
 
"Ini bukan hanya refleksi dari persahabatan khusus Tiongkok-Kamboja, tetapi juga apa yang harus kita lakukan sebagai komunitas dan persahabatan yang kuat,” kata Geng.

Sampai dengan Senin (23/3), Kamboja mengkonfirmasi dua kasus baru, sehingga jumlah total kasus menjadi 86 orang positif virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA