Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prediksi Corona Picu Resesi, IMF Siapkan Pinjaman Dana Darurat Besar-besaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 Maret 2020, 09:08 WIB
Prediksi Corona Picu Resesi, IMF Siapkan Pinjaman Dana Darurat Besar-besaran
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva/Net
rmol news logo Pandemik virus corona atau Covid-19 akan menyebabkan resesi global 2020, yang bahkan bisa lebih buruk dari krisis keuangan global pada 2008 sampai 2009.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva ketika melakukan teleconference dengan para menteri keuangan dan bank sentral dari G20 pada Senin (23/3).

Kendati begitu, kata Georgieva, output ekonomi dunia juga akan pulih pada 2021.

Dalam teleconference tersebut, Georgieva juga menyambut tindakan fiskal luar biasa yang telah diambil banyak negara untuk meningkatkan sistem kesehatan dan melindungi usaha dan pekerja yang terdampak.

"Bahkan lebih banyak akan dibutuhkan, terutama di bidang fiskal," lanjutnya seperti dimuat CNA.

"Biaya manusia dari pandemi coronavirus sudah tak terukur dan semua negara harus bekerja sama untuk melindungi orang dan membatasi kerusakan ekonomi," kata Georgieva.

Awal bulan ini, Georgieva juga telah memperingatkan, pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini bisa berada di bawah angka 2,9 persen jika mengacu pada pertumbuhan ekonomi 2019.

Untuk memulihkan kondisi ini pada 2021, Georgieva mengatakan negara-negara perlu memprioritaskan pertahanan dan sistem kesehatan.

"Dampak ekonomi sedang dan akan parah, tetapi semakin cepat virus berhenti, semakin cepat dan kuat akan terjadi pemulihan," terangnya.

Georgieva juga mengatakan IMF akan besar-besaran meningkatkan keuangan darurat, mengingat saat ini sebanyak 80 negara telah meminta bantuan dan IMF siap untuk mengerahkan semua pinjaman senilai 1 triliun dolar AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA