Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Telak! Trump Sebut Virus China, Xi Jinping Di Depan KTT G20 Katakan Covid-19 Tidak Mengenal Batas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 Maret 2020, 10:13 WIB
Telak! Trump Sebut Virus China, Xi Jinping Di Depan KTT G20 Katakan Covid-19  Tidak Mengenal Batas
Presiden China Xi JInping/Net
rmol news logo Dalam pidatonya di pertemuan KTT G20, Kamis (26/3), Presiden China Xi Jinping menyerukan kerja sama internasional yang lebih kuat di semua lini. Serta adanya upaya mendesak untuk menghentikan resesi ekonomi global.

Pidato ini adalah pidato besar pertama Xi di depan dunia internasional sejak wabah berlangsung.

Xi berbicara dalam konferensi video, mendesak persatuan dan solidaritas untuk bersama-sama memerangi wabah ini. Ia menyampaikan tiga poin utama, yaitu memperkuat upaya internasional untuk menghentikan virus, menopang perekonomian di tengah tren menurun, dan secara halus menyerukan AS untuk menghentikan langkah bermusuhan terhadap China, melansir South China Morning Post.

“Pada saat-saat paling sulit bagi Tiongkok, banyak anggota komunitas internasional memberikan bantuan dan dukungan tulus kepada China. Kami akan mengingat dan menghargai persahabatan ini selamanya,” kata Xi.

Xi menyerukan penelitian bersama terhadap virus corona yang telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia. Xi juga mengajak melakukan pengembangan obat-obatan dan vaksin. Sebab, hingga kini belum ada obat untuk virus corona.

"Kita harus secara komprehensif meningkatkan kerja sama internasional dan memupuk sinergi yang lebih besar sehingga manusia sebagai manusia dapat memenangkan pertempuran melawan penyakit menular yang begitu besar.”

Pemimpin China juga menyerukan langkah-langkah ekonomi yang lebih kuat untuk membantu mencegah ekonomi dunia memasuki resesi.

"Kebijakan keuangan dan fiskal yang kuat dan efektif harus diterapkan," kata Xi, menyerukan tindakan untuk menstabilkan rantai pasokan yang telah sangat terganggu selama tiga bulan

Sebelum menutup pidatonya, Xi menegaskan bahwa virus corona tidak mengenal batas. Menyinggung Presiden AS Donald Trump yang menyebut Covid-19 sebagai 'virus China'.

Di depan negara-negara peserta KTT G20, termasuk Trump yang juga ada di konferensi video, Xi berkata: "Virus tidak mengenal batas, dan pandemi adalah musuh kita bersama. Semua negara harus bergandengan tangan dan membangun jaringan yang paling ketat untuk pencegahan dan pengendalian bersama." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA