Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikuti KTT Luar Biasa G20 Secara Virtual, Jokowi Tekankan Ada Dua Perang Yang Harus Dimenangi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Maret 2020, 10:29 WIB
Ikuti KTT Luar Biasa G20 Secara Virtual, Jokowi Tekankan Ada Dua Perang Yang Harus Dimenangi
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani saat mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo telah mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

KTT yang diselenggarakan pada Kamis (26/3) mulai pukul 19.00 WIB itu dilakukan secara teleconference untuk membahas pandemik corona atau Covid-19.

Dikatakan oleh Retno usai pertemuan, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Jokowi di hadapan para kepala negara dan pemerintahan G20 berserta berbagai organisasi internasional dan negara-negara yang diundang.

Di antaranya adalah menekankan kerja sama, sinergi, soliditas, dan solidaritas untuk mengatasi pandemik.

"Tadi presiden menyampaikan pesan yang kuat bahwa kita harus memenangkan dua peperangan sekaligus, yaitu satu melawan Covid-19, dan dua melawan pelemahan ekonomi global saat ini," lanjutnya.

Sementara itu, dalam Pernyataan Bersama Para Pemimpin G20, disebutkan bahwa pandemik Covid-19 telah mengingatkan dunia mengenai keterikatan antar negara.

Oleh karenanya, para pemimpin berkomitmen kuat untuk membentuk front persatuan untuk melawan ancaman virus bersama-sama.

"G20 berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk mengatasi pandemi, bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Moneter Internasional (IMF), Kelompok Bank Dunia (WBG), PBB (PBB), dan organisasi internasional lainnya," demikian pernyataan bersama tersebut.

Ada pun langkah-langkah untuk mengatasi pandemi tersebut adalah dengan melindungi kehidupan; melindungi pekerjaan dan penghasilan orang; ,engembalikan kepercayaan, menjaga stabilitas keuangan, menghidupkan kembali pertumbuhan, dan memulihkan diri dengan lebih kuat; meminimalkan gangguan pada perdagangan dan rantai pasokan global; memberikan bantuan kepada semua negara yang membutuhkan bantuan; dan mengoordinasikan langkah-langkah kesehatan dan keuangan publik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA