Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Australia Uji Coba Vaksin TBC Untuk Ringankan Gejala Covid-19 Pada 4.000 Petugas Medis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Maret 2020, 13:33 WIB
Australia Uji Coba Vaksin TBC Untuk Ringankan Gejala Covid-19 Pada 4.000 Petugas Medis
Vaksin TBC, BCG/Net
rmol news logo Para ilmuan Australia tengah melakukan pengujian untuk melihat efektifitas dari vaksin TBC untuk meringankan infeksi virus corona atau Covid-19 pada para petugas medis.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jumat (27/3), para peneliti di Murdoch Children's Research Institute di Melbourne melakukan uji cova vaksin TBC, BCG, kepada 4.000 petugas kesehatan di rumah sakit di seluruh Australia.

"Meskipun awalnya dikembangkan untuk melawan TBC, dan masih diberikan kepada lebih dari 130 juta bayi setiap tahunnya untuk tujuan itu, namun BCG juga meningkatkan kekebalan 'garis depan' manusia, melatihnya untuk merespons kuman dengan intensitas lebih besar," kata para peneliti tersebut.

"Kami berharap dapat melihat penurunan dalam prevalensi dan keparahan gejala Covid-19 pada petugas layanan kesehatan yang menerima vaksinasi BCG," kata ketua peneliti Nigel Curtis seperti dimuat CNA.

Curtis mengungkapkan, 4.000 subyek akan didaftarkan dalam uji coba selama beberapa pekan di bawah sebuah proses pelacakan cepat yang telah mendapatkan persetujuan dari otoritas kesehatan negara bagian dan federal.

Selain Australia, uji coba serupa juga sedang dilakukan di beberapa negara lain, termasuk Belanda, Jerman, dan Inggris.

"Percobaan ini akan memungkinkan efektivitas vaksin terhadap gejala Covid-19 diuji dengan benar, dan dapat membantu menyelamatkan nyawa para pekerja kesehatan garis depan kami," kata Murdoch Institute, Kathryn North.

North juga berharap, kekebalan bawaan manusia terhadap gejala Covid-18 dapat memberi waktu bagi para ilmuan untuk mengembangkan vaksin yang spesifik untuk virus itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA