Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Ganja Di Prancis Melonjak Semenjak Penerapan Lockdown

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Maret 2020, 07:11 WIB
Harga Ganja Di Prancis Melonjak Semenjak Penerapan Lockdown
Petugas Prancis menegur warga yang masih berkeliaran saat lockdown/Net
rmol news logo Prancis telah memberlakukan lockdown seiring semakin bertambahnya jumlah kasus. Saat ini angka kasus virus corona di Prancis mencapai lebih dari 32.000 dengan angka kematian menembus lebih dari 1900 per Jumat (27/3).

Penerapkan lockdown berlaku pada 17 Maret lalu dan diumumkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. 67 juta warga Prancis hanya memiliki waktu 16 jam untuk persiapan menhadapi lockdown.

Penetapan lockdown ternyata berpengaruh terhadap peredaran narkoba ilegal di negara itu. Sejumlah kartel pun menaikkan haranya.  

Prancis terkenal sebagai pengonsumsi ganja tertinggi di Eropa. Ganja biasanya diimpor dari Belanda juga Maroko dan Spanyol.

Harga ganja di jalanan kota-kota Prancis meroket setelah kontrol ketat perbatasan diterapkan saat lockdown nasional mencegah wabah virus corona.

Pejabat serikat kepolisian yang bekerja dengan para investigator anti-narkoba menjelaskan harga 100 gram batang resin ganja naik menjadi 500 euro atau sekitar Rp 8,9 juta.  

“Prancis tak lagi memperoleh pasokan ganja. Dengan penghentian ekspor dari Moroko, kami melihat harga naik di Prancis saat persediaan turun dan para pengedar menetapkan harga premium,” ujar pejabat kepolisian itu, melansir Reuters.

Kolombia menyatakan sekitar 70 persen resin ganja yang dijual di jalanan Prancis diperdagangkan dari Moroko, melalui Spanyol dan melintasi Pyrenees. Sisanya dikirim melalui Belgia dan Belanda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA