Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa APD, Ratusan Petugas Polisi Jadi Sasaran Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 31 Maret 2020, 09:45 WIB
Tanpa APD, Ratusan Petugas Polisi Jadi Sasaran Corona
Petugas polisi New York/Net
rmol news logo Sebanyak 818 anggota polisi di New York Police Department (NYPD) dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19.

Dari jumlah tersebut, 730 adalah petugas berseragam sementara 88 di antaranya adalah staf sipil.

Pada Minggu (29/3), NYPD juga mengungkapkan sekitar 5.000 dari 55.000 karyawannya cuti sakit.

Menurut survei dari Reuters yang dilakukan pada 25 Maret hingga 29 Maret, dari 20 lembaga kepolisian di AS, ada 1.012 kasus Covid-19 di antara para petugas.

Menurut laporan Reuters, para petugas polisi memang tidak mengenakan alat pelindung diri berupa masker atau sarung tangan ketika menjalankan tugasnya, termasuk ketika merespons panggilan 911.

Menurut keterangan seorang perwira polisi yang diwawancara dengan syarat anonim mengungkapkan mereka tidak boleh untuk berbicara pada wartawan.

Tetapi mereka khawatir dengan tidak tesedianya alat pelindung diri (APD) sehingga mereka takut bisa terinfeksi yang menyebarkannya pada keluarga.

"Kami muncul pertama kali, untuk segalanya, dan kami benar-benar tidak terlindungi," kata seorang petugas.

Sementara itu, dikatakan oleh jurubicara NYPD, Sersan Jessica McRorie, pihak kepolisian telah mengeluarkan panduan terperinci kepada petugas untuk melindungi diri di tengah wabah.

Sejak wabah dimulai, katanya, NYPD telah mendistribusikan 204.000 pasang sarung tangan, 75.000 masker N-95, 340.000 masker bedah dan 125.000 tisu alkohol pembersih tangan kepada karyawan.

Ketika ditanya apakah jumlah APD sekali pakai itu cukup untuk melindungi 36.000 petugas dan 19.000 staf sipilnya, ia tidak menjawab.

Dikatakan oleh Direktur lembaga think tank, Police Executive Research Forum, Chuck Wexler, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh polisi untuk bertugas di tengah pandemik seperti saat ini.

“Banyak departemen harus memesan ulang prioritas dan panggilan yang mereka tanggapi. Polisi harus mengubah cara mereka menggunakan sumber daya mereka," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA