Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Virus Corona Bikin Pengiklan Lari, 60 Media Australia Terjungkal Tidak Cetak Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 01 April 2020, 12:22 WIB
Virus Corona Bikin Pengiklan Lari, 60 Media Australia Terjungkal Tidak Cetak Lagi
Media Australia/Net
rmol news logo Virus corona akhirnya menerjang dunia media di Australia.
Grup media unggulan Australia News Corp terpaksa menghentikan edisi cetak surat kabar regional.  Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 60 surat kabar.

Pengumuman itu disiarkan hari ini. News Corp mengalami pukulan dengan penurunan iklan yang sangat siginifikan di tengah wabah virus corona.

Saat mengumumkan penghentian cetak, News Corp menyatakan, surat-surat kabar di negara bagian New South Wales, Victoria, Queensland, dan Australia Selatan itu akan beralih ke online.

Keputusan itu tentu tidak mudah mengingat sejauh ini media-media itu telah menempati hati masyarakat di sana.

"Krisis virus corona telah menciptakan tekanan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami melakukan semua yang kami bisa untuk mempertahankan pekerja sebanyak mungkin, ini tidak mudah," ujar Australasia Executive Chairman News Corp, Michael Miller, melansir AFP, Rabu (1/4).

Penurunan iklan diduga karena dilatarbelakangi oleh peraturan pembatasan negara itu. Karantina yang diberlakukan membuat banyak usaha harus tutup, begitu juga restoran dan real estate, padahal biasanya klien-klien itulah yang kerap memasangkan iklannya.  

Sebelumnya, menyadari akan dampak pandemi ini, sebagian media  Australia telah bergeser untuk fokus ke konten online. Namun begitu, penghentian cetak tetap sja mengejutkan.

Pengumuman ini mengikuti serangkaian pengumuman penutupan media Australia, termasuk wire nasional AAP, yang akan berhenti beroperasi akhir tahun ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA