Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resolusi Berhasil Lolos Di PBB, Indonesia Ajak Semua Negara Bersatu Lawan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 03 April 2020, 11:59 WIB
Resolusi Berhasil Lolos Di PBB, Indonesia Ajak Semua Negara Bersatu Lawan Covid-19
Majelis Umum PBB/Net
rmol news logo Indonesia berhasil meloloskan resolusi Majelis Umum PBB untuk pertama kalinya berjudul "Global Solidarity to Fight Covid-19" secara aklamasi pada Kamis (2/4).

Bersama dengan Ghana, Liechtenstein, Norwegia, Singapura, dan Swiss, resolusi tersebut lolos di Markas Besar PBB di New York.

Resolusi tersebut adalah produk pertama yang dihasilkan oleh PBB terkait Covid-19 sejak WHO mengumumkan statusnya sebagai pandemik global pada 11 Maret.

“Di situasi prihatin seperti ini sangat diperlukan kesatuan, solidaritas dan kerja sama internasional untuk dapat merespons Covid-19 secara tepat dan kolektif," tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Itu dikarenakan, tidak ada satu negara yang imun terhadap virus yang telah menjadi pandemik dan menyebabkan tingginya angka kematian di banyak negara.

Dalam resolusi tersebut, PBB harus meminta kerja sama negara-negara untuk menahan laju penyebaran virus, mitigasi dampak melalui pertukaran informasi, kerja sama pengetahuan para ilmuwan, serta praktik baik dari tiap negara.

Secara khusus resolusi juga memberikan apresiasi kepada seluruh pekerja di bidang kesehatan, profesi medis, dan para peneliti yang terus bekerja di bawah kondisi yang sangat sulit.

“Sebanyak 188 negara anggota menjadi co-sponsor resolusi yang merupakan jumlah yang signifikan dan pertama kali dalam sejarah PBB," ujar Wakil Tetap RI untuk PBB, Dubes Dian Triansyah Djani seperti keterangan tertulis pada Jumat (3/4).

Hal ini menunjukan bahwa meskipun dalam situasi pandemik, diplomasi Indonesia di PBB masih tetap berjalan dan PBB tetap melakukan tugas dan mandatnya.

Ada pun resolusi ini disepakati secara virtual mengingat situasi lockdown yang telah ditetapkan oleh Gubernur New York. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA