Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Negara Bagian Di Australia Perketat Penjagaan Di Perbatasan, Cegah Orang Asing Masuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 April 2020, 09:21 WIB
Dua Negara Bagian Di Australia Perketat Penjagaan Di Perbatasan, Cegah Orang Asing Masuk
Aparat Australia Melakukan Pemeriksaan Terhadap Setiap Pengendara Yang Akan Masuk Negara Itu/Net
rmol news logo Pemerintah Federal Australia mengatakan bahwa karantina atau pembatasan pergerakan orang secara nasional belum akan dilakukan dalam waktu dekat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun, dua negara bagian ini, Australia Barat dan Queensland, secara bersamaan akan memperketat perbatasan mereka. Hal ini untuk mencegah pergerakan orang di saat krisis virus corona dan akan berlangsung dalam waktu yang agak lama.

Mulai minggu malam besok, Australia Barat tak lagi menerima kunjungan warga negara bagian lain kecuali memiliki izin.

Demikian juga dengan Queensland yang memperketat penjagaan perbatasan dengan New South Wales di Coolangatta.

Australia Barat, dengan ibukota Perth, mulai Minggu tengah malam (05/04), akan melarang masuk semua warga yang bukan penduduk Australia Barat. Ini adalah untuk pertama kalinya Australia Barat menutup perbatasan mereka, melansir ABC, Sabtu (4/4).

Kepala Negara Bagian Australia Barat, Premier Mark McGowan, mengatakan hal ini akan berjalan untuk sementara waktu sebagai upaya pencegahan penularan.

"Ini penutupan sementara guna memastikan kita mencegah penyebaran virus corona di sini," katanya.

Autralia Barat juga menutup penerbangan dari negara lain pada pekan ini.  Kalaupun mereka tiba di Australia Barat, tapi tidak masuk dalam kategori yang diperbolehkan, mereka akan dipulangkan ke kota asal penerbangan.

Sementara Queensland pada Jumat (3/4) telah menerapkan penutupan perbatasan dengan New South Wales di kawasan Coolangatta.

Pemerintah di sana sudah menutup perbatasan sejak tanggal 25 Maret lalu dengan menyiapkan aparat di 17 titik perbatasan antara Queensland dan NSW. 14 titik perbatasaan saat ini sudah ditutup, hanya tiga yang dijaga oleh polisi yang memasang palang dan pemeriksaan.

Kepolisian di Queensland sudah mengatakan pembatasan dan penutupan di negara bagiannya akan berlangsung selama beberapa bulan.

Kepala Polisi Gold Coast, Superintendent Mark Wheeler, yang bertanggung jawab mengawasi perbatasan antara Queensland dan NSW, mengatakan, walau ini hanya sementara tetapi bukan dalam hitungan minggu melainkan bulan.

"Kita akan berada di sini dalam bilangan bulan, bukannya beberapa minggu," katanya.

Masing-masing negara bagian di Australia menerapkan aturan sesuai dengan kondisi krisis di tempat mereka.

Saat ini, per Sabtu (4/4) angka kasus virus corona di Australia secara global adalah 5.454  dengan angka kematian 28 orang, melansir Worldometers. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA