Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Henry Kissinger: Dunia Tidak Akan Pernah Sama Setelah Virus Corona

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 April 2020, 08:17 WIB
Henry Kissinger: Dunia Tidak Akan Pernah Sama Setelah Virus Corona
Henry Kissinger/Net
Diplomat top sekaligus mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Henry Kissinger buka pendapat soal krisis yang tengah di hadapi oleh seluruh dunia akibat pandemik virus corona baru.

Dalam sebuah op-ed yang diterbitkan oleh Wall Street Journal yang dikutip dari Sputnik, Kissinger memuji Gedung Putih karena telah bekerja dengan solid untuk segera menghindari bencana akibat virus corona.

Namun, ia mencatat pemerintah AS harus bekerja secara efisien untuk menghentikan ancaman virus, karena ketika pandemik berakhir, banyak negara yang akan dianggap telah gagal.

"Apakah penilaian ini secara objektif adil, menjadi tidak relevan. Kenyataannya adalah dunia tidak akan pernah sama setelah virus corona," tulisnya.

Selain harus segera mencari vaksin untuk virus corona, Kissinger juga menyerukan agar AS membantu membangun kembali perekonomian global guna melindungi tatanan dunia liberal.

"Kita perlu mengembangkan teknik dan teknologi baru untuk pengendalian infeksi dan vaksin untuk populasi besar. Kota, negara bagian, dan daerah harus secara konsisten mempersiapkan diri melindungi orang-orang mereka dari pandemik," ungkapnya.

Sebuah program khusus untuk menyembuhkan luka ekonomi global harus dilaksanakan, katanya.

Prinsip-prinsip tatanan dunia liberal perlu dilindungi. Pemerintah harus memberikan keamanan, ketertiban, kesejahteraan ekonomi, dan keadilan, lanjutnya.

"Pandemik telah mendorong anakronisme," ujar Kissinger.

"Demokrasi dunia perlu mempertahankan dan menjaga nilai-nilai penting mereka. Kemunduran global dari penyeimbangan kekuatan dengan legitimasi menyebabkan kontrak sosial hancur, baik di dalam negeri maupun internasional," imbuhnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA