Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TRUST, Strategi Jitu Korea Selatan Bangun Kepercayaan Publik Di Tengah Pendemik Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 April 2020, 16:37 WIB
TRUST, Strategi Jitu Korea Selatan Bangun Kepercayaan Publik Di Tengah Pendemik Virus Corona
Dutabesar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom/RMOL
rmol news logo Korea Selatan adalah salah satu negara yang banyak dipuji atas penanganan pandemik virus corona baru.

Salah satu hal yang banyak diacungi jempol oleh banyak negara adalah tes secara massal yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan.

Pada dasarnya, Korea Selatan sendiri menganut 3T untuk mengatasi penyebaran virus corona, yaitu trace (lacak), test (tes), and treatment (perawatan).

Namun, di samping itu, Dutabesar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom juga mengungkapkan hal tersebut tidak lah bisa berjalan tanpa adanya kepercayaan publik.

Di mana Korea Selatan juga punya cara jitu untuk membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Sebenarnya. Frasa yang paling tepat untuk menggambarkan strategi pemerintah adalah TRUST," ungkap Dubes Kim dalam kuliah umum yang digelar secara virtual pada Senin (6/4).

TRUST sendiri adalah akronim dari T untuk transparancy atau memberikan data yang transparan, R untuk robust the screening atau memperkuat skrining, U untuk universally applicable atau diaplikasikan secara nasional bahkan global, S untuk strict control atau pengetatan pengawasan, dan T untuk treatment atau perawatan.

"Itu adalah beberapa poin yang implementasikan oleh pemerintah Korea Selatan yang dipadukan dengan pendekatan yang menyeluruh," imbuh Dubes Kim.

Pendekatan menyeluruh artinya, Dubes Kim menjelaskan, mulai dari pemerintah pusat hingga daerah melakukan koordinasi, bekerja sama, untuk membangun sistem menara kontrol dalam melawan Covid-19.

"Misalnya, ketika ada satu daerah yang kehabisan tempat tidur, kami akan meminta ke daerah untuk meminjamkan tempat tidurnya," jelasnya.

Dalam hal itu, pusat sendiri bertugas sebagai wadah komunikasi bagi tiap daerah untuk saling membantu dan berkoordinasi, pungkas Dubes Kim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA