Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Filipina Perpanjang Lockdown, Duterte Anggarkan Lebih Banyak Lagi Dana Bantuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 April 2020, 07:53 WIB
Filipina Perpanjang Lockdown, Duterte Anggarkan Lebih Banyak Lagi Dana Bantuan
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Net
rmol news logo Pemerintah Filipina memperpanjang masa penutupan wilayahnya hingga 30 April dan memperluas lagi wilayah yang ditutup di Pulau Luzon, pulau utama terbesar di negara itu,  

Dalam pidatonya pada Senin (6/4) malam waktu setempat, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan akan mempertimbangkan menambah anggaran menjadi 4,1 triliun peso (sekitar USD 80,8 miliar) tahun ini untuk bantuan penanganan virus corona, melansir Bloomberg, Selasa (7/4).

Anggaran itu akan menutupi anggaran sebelumnya sebesar 200 milliar peso, yang dirasa sangat tidak cukup, yang dicadangkan untuk membantu keluarga miskin dan mereka yang kehilangan pekerjaan akibat lockdown.

Duterte juga menyerukan kepada para pejabat untuk mengerahkan dana bantuan untuk orang-orang yang sangat membutuhkan semasa pemberlakuan lockdown.  
 
"Ekonomi tidak bergerak, itu benar-benat macet," kata Duterte.

Badan Perencanaan Ekonomi sebelumnya mengatakan bahwa perkiraan pertumbuhan ekonomi Filipina dalam setahun belakangan mengalami kontraksi sebesar 0,6 persen.

Untuk mendukung perekonomian, bank sentral bulan lalu memangkas suku bunga utamanya sebesar 50 basis poin dan mengurangi rasio cadangan bank menjadi 12 persen. Sentral Bangko ng Pilipinas juga akan membeli utang pemerintah senilai 300 miliar peso.

Kongres juga akan mendukung upaya Duterte dengan memberi bantuan anggaran untuk penanganan virus corona dengan penyediaan paket stimulus ekonomi yang saat ini dibuat untuk mendukung bisnis Filipina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA