Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Italia Mulai Berbenah Diri, PM Conte Keluarkan Paket Stimulus Ekonomi Terkuat Sepanjang Sejarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 07 April 2020, 08:54 WIB
Italia Mulai Berbenah Diri, PM Conte Keluarkan Paket Stimulus Ekonomi Terkuat Sepanjang Sejarah
Kawasan wisata di Italia disemprot disinfektan/Net
rmol news logo Italia meluncurkan paket stimulus ekonomi terbesar sepanjang sejarahnya. Nilainya adalah 400 miliar euro yang akan digunakan untuk membantu bisnis yang terdampak oleh lockdown nasional selama satu bulan.

Diumumkan oleh Perdana Menteri Giuseppe Conte pada Senin (6/4), warga Italia harus bersabar untuk menghadapi pandemik yang telah menyebabkan jutaan orang mengganggur untuk sementara itu.

"Kita akan segera melihat musim semi baru untuk Italia tapi untuk saat ini kita harus tinggal di rumah," ujar Conte dalam pidato yang disiarkan di televisi.

Mengumumkan paket stimulus ekonomi, Conte menjelaskan paket 400 miliar euro merupakan tambahan program pinjaman yang didukung pemerintah pada bulan lalu senilai 340 miliar euro.

Dengan begitu, Conte mengatakan, itu adalah intervensi pemerintah paling kuat dalam sejarah Italia.

Ada pun setengah dari paket stimulus tersebut diperuntukkan bagi perusahaan berorientasi ekspor yang omsetnya jatuh selama sebulan terakhir, seperti dilansir CNA.

Pemerintah juga mengumumkan akan mengambil langkah-langkah untuk melindungi perusahaan-perusahaan Italia yang dilemahkan oleh krisis ekonomi agar tidak diambil alih oleh asing.

"Momen sulit ini tidak akan diterjemahkan menjadi kesempatan untuk memangsa perusahaan Italia," kata wakil menteri kabinet, Riccardo Fraccaro.

Dalam beberapa pekan terakhir, Italia sendiri sudah melihat angka infeksi baru menurun.

Data dari Unversitas Johns Hopkins pada Selasa (7/4) menunjukkan, Italia memiliki jumlah infeksi sebnayak 132.547 kasus dengan 16.523 orang meninggal dunia dan 22.837 orang telah dinyatakan pulih.

Walaupun sudah melihat perkembangan yang baik, namun Conte menekankan, Italia akan tetap melakukan langkah social distancing. Di mana lockdown yang akan berlangsung hingga 13 April kemungkinan akan diperpanjang kembali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA