Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uji Coba Vaksin TB Untuk Infeksi Covid-19 Di Australia, Mampukah?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 April 2020, 07:32 WIB
Uji Coba Vaksin TB Untuk Infeksi Covid-19 Di Australia, Mampukah?
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para peneliti di Murdoch Children's Research Institute di Melbourne, Australia, melakukan tes cepat berskala besar untuk melihat apakah vaksin tuberculosis (TB) yang telah digunakan selama puluhan tahun dapat melindungi orang dari infeksi Covid-19.

Uji coba vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) untuk tuberculosis  itu akan dilakukan pada 4.000 tenaga kesehatan di rumah sakit di seluruh Australia.

"Meskipun awalnya dikembangkan untuk mengobati  TB dan diberikan kepada lebih dari 130 juta bayi setiap tahun untuk tujuan itu, BCG juga meningkatkan kekebalan dan melatihnya untuk merespons kuman dengan intensitas lebih besar," kata para ahli  kesehatan dalam sebuah pernyataan, melansir Aljazeera, Rabu (8/4).

Percobaan vaksin tersebut juga sedang dilakukan di beberapa negara lain termasuk Belanda, Jerman, dan Inggris.

Sebuah laporan sebelumnya dari New York Institute of Technology menemukan bahwa vaksin BCG telah dikaitkan dengan penurunan tingkat infeksi Covid-19 di negara-negara di mana obat tersebut diberikan, seperti India.

Bila hal itu benar, sementara vaksin untuk Covid-19 belum tersedia, bisa jadi penemuan tersebut menjadi hal yang menggembirakan.

Namun, pengujian bahwa vaksin BCG bisa menurunkan tingka infeksi Covid-19 perlu dikaji lagi lebih lanjut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA