Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bill Gates Sebut Pandemik Seperti Corona Bisa Terjadi Setiap 20 Tahun, Dunia Harus Bersiap!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 10 April 2020, 13:05 WIB
Bill Gates Sebut Pandemik Seperti Corona Bisa Terjadi Setiap 20 Tahun, Dunia Harus Bersiap<i>!</i>
Bill Gates/Net
rmol news logo Pendiri Microsoft, Bill Gates kembali mengeluarkan prediksinya terkait dengan pandemik virus corona baru. Milyarder itu memperingatkan, wabah sekelas corona kemungkinan akan muncul setiap 20 tahun atau lebih.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Itu dinyatakan Gates dalam sebuah wawancara melalui Skype dengan Financial Times pada 2 April dan dirilis pada 8 April.

Gates mengatakan, Covid-19 adalah peristiwa terbesar yang akan dialami orang-orang di sepanjang hidup mereka.

Ia juga mengatakan, para pemimpin dunia dan pembuat kebijakan global telah membayar triliunan dolar, lebih dari yang seharusnya jika umat manusia sudah siap dalam mengatasi pandemik.

"Ini adalah hal terbesar yang akan dialami orang-orang di sepanjang hidup mereka," kata Gates seperti dikutip Business Insider.

Kendati akan terjadi lagi, namun pemerintah dunia akan belajar dari pandemik saat ini untuk memperkuat sistem kesehatan, sistem peringatan dini, hingga pengembangan antivirus.

"Biaya untuk melakukan semua itu lebih kecil dibandingkan dengan apa yang kita alami saat ni," ujar miliarder berusia 67 tahun itu.

"Dan sekrang orang-orang menyadari, 'Oke, benar-benar ada kemungkinan yang berati setiap 20 tahun atau lebih dengan banyaknya perjalanan dunia, salah satu virus akan muncul.' Dan warga berhadap pemerintah menjadikannya prioritas," terangnya.

Menurut Gates, jika setiap negara memetik pelajaran dari wabah Covid-19, mereka tidak akan menghabiskan triliunan dolar yang sangat besar.

"Seharusnya tidak memerlukan banyak triliunan dolar untuk sampai ke sana. Ilmu pengetahuan ada di sana. Negara-negara akan maju," paparnya.

Gates sendiri sudah berulang kali memperingatkan akan adanya risiko pandemi selama bertahun-tahun terakhir. Ia bahkan mengatakan, krisis kesehatan global bisa melenyapkan 30 juta orang dalam waktu kurang dari setahun.

"Tidak perlu panik, tapi kita akan mengalaminya," kata Gates ketika menjadi pembicara Ted Talk pada 2015. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA