Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengapa New York Punya Angka Kasus Covid-19 Begitu Tinggi?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 April 2020, 06:07 WIB
Mengapa New York Punya Angka Kasus Covid-19 Begitu Tinggi?
Ilustrasi/Net
rmol news logo Negara bagian New York mencatat angka kasus yang tragis dalam pekan ini. New York menjadikan Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan kasus tertinggi virus corona di dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pusat Sains dan Teknik Sistem Universitas Johns Hopkins, mencatat, penyakit ini membunuh banyak warga New York. Dari sekitar 23.000 kematian di Amerika Serikat akibat virus corona, 8.627 atau 42 persennya terjadi di New York.

Saat ini, AS Amerika memiliki lebih 570.000 kasus virus corona, lebih tinggi dari Spanyol yang mencatat sekitar 170.000 kasus dan Italia sebanyak 159.271.

Dibandingkan dengan negara lain, New York menjadi yang terparah. 

Melansir CNN, Senin (13/4), Kota New York dan daerah pinggiran kota seperti Nassau, Suffolk, Westchester, dan Rockland, mempunyai 93 persen dari jumlah kasus kematian di seluruh negara bagian New York.

Di New York City, angka kematian Covid-19 sekitar 6 persen lebih tinggi daripada kebanyakan kota-kota di negara bagian lain.

Penduduk New York sekitar 8 juta jiwa, dua kali lipat dari Los Angeles.  Kepadatan penduduk New York sekitar 27.000 orang per mil persegi ini  membuat penularan menjadi mudah.

Kepadatan penduduk memicu cepatnya penyebaran virus, terutama pada awal-awal, di mana warga New York banyak yang mengabaikan pesan menjaga jarak yang diterapkan WHO.

Saat wabah telah muncul, New York masih menggelar acara-acara publik baik di dalam ruangan maupun dalam area publik seperti pada konser Mardi Gras.

Kebiasaan warga New York yang senang berkumpul bersama teman di apartemen juga menjadi pemicu.

Kini, pandemik telah mengubah New York. Kota yang tak pernah tidur itu sekarang menjadi kota yang sangat sunyi dan menakutkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA