Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Wabah Covid-19 Sampah Perumahan Meningkat Drastis

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 April 2020, 07:59 WIB
Wabah Covid-19 Sampah Perumahan Meningkat Drastis
Petugas Sampah Rumahan/Net
Karantina diri di rumah ternyata berpengaruh terhadap tingkat konsumsi makanan. Itu artinya, berpengaruh juga terhadap banyaknya sampah rumahan.

Di Amerika Serikat, ketika semua kantor dan sekolah menetapkan aturan bekerja dan belajar dari rumah, volume sampah rumah tangga terus melonjak.

Perusahaan pengelola limbah dan sampah di Amerika Serikat kewalahan dengan sampah-sampah di perumahan.

Pemilik Tenleytown Trash Barley Shapiro menyatakan saat-saat seperti ini seperti mimi buruk. Volume sampah yang meningkat berkali lipat di tengah pandemik benar-benar membuatnya harus ekstra kerja keras.

"Volume sampah perumahan itu meningkat drastis, semua orang memanggil kami dan meminta pelayanan angkutan sampah," kata Shapiro dikutip dari CNN Business, Senin (13/4).

Saphiro telah menambah pekerja lagi agar seluruh kota bisa tetap bersih. Saat ini truk pengangkut sampah dan kantor juga rutin dibersihkan dengan disinfektan.

Namun, itu belum cukup. Volume sampak yang terus meningkat tetap membuat tim nya kewalahan.

"Kami tidak bisa mengangkut dalam waktu cepat, rasanya seperti mimpi buruk," kata Shapiro lagi.

Selain rutin membersihkan truk pengakut sampah, Shapiro juga dituntut untuk memberikan perlindungan para pegawainya. Ia pun membuat masker khusus agar para pekerjanya bisa terlindungi dari virus atau bakteri yang ada saat mereka mengangkut sampah.

Hal yang dialami Shapiro juga terjadi pada jasa angkutan sampah lainnya.

Volume sampah perumahan ini diprediksi akan terus meningkat hingga 30 persen.

CEO Solid Waste Association of North America David Biderman mengungkapkan peningkatan volume sampah ini juga terjadi karena banyaknya pekerja yang dikarantina untuk meminimalisir penyebaran virus.

Sementara CEO Rumpke Waste & Recycling Bill Rumpke Jr juga telah mempekerjakan 36 karyawan baru untuk mengatasi peningkatan volume sampah di Ohio, Indiana, Kentucky dan Virgnia Barat.

Di Indonesia, sampah merupakan salah satu isu penting perkotaan. Setidaknya 175 ribu ton sampah per hari dihasilkan dari seluruh Indonesia.

Pemerintah sendiri sudah mengumumkan target pengurangan sampah hingga 30 persen pada tahun 2025.

Di masa wabah Covid-19 ini, para petugas sampah sangat rentan terpapar virus corona.

Beberapa pegiat lingkungan telah menggalang donasi untuk para petugas sampah di berbagai kota di Indonesia. Namun, belum terlihat adanya bantuan memadai dari pemerintah.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA