Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Ekonomi Dari Dampak Corona , IMF Cairkan Pinjaman 389 Juta Dolar AS Untuk El Salvador

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 April 2020, 12:54 WIB
Bantu Ekonomi Dari Dampak Corona , IMF Cairkan Pinjaman 389 Juta Dolar AS Untuk El Salvador
IMF/Net
rmol news logo Dana Moneter Internasional (IMF) telah menyetujui pinjaman dana darurat sebesar 389 juta dolar AS untuk El Salvador guna melindungi negara dari dampak wabah virus corona baru.

Dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Sputnik pada Rabu (15/4), IMF mengatakan, dana tersebut juga akan digunakan untuk mendukung sistem kesehatan El Salvador dan memberikan bantuan keuangan bagi orang-orang yang tidak dapat bekerja selama pandemik.

"Bantuan keuangan darurat ini merupakan pencairan pertama di bawah pengaturan pinjaman IMF ke El Salvador dalam lebih dari tiga dekade," ujar IMF.

"El Salvador telah mengambil langkah-langkah tegas untuk mencegah dan menahan pandemik sejak awal Februari, bahkan sebelum kasus pertama muncul, termasuk pembatasan perjalanan, karantina wajib bagi warga yang terpapar, penangguhan sektor publik dan swasta yang tidak penting, hingga tempat perlindungan nasional," tambah keterangan tersebut.

Namun, langkah-langkah tersebut yang ditambah dengan penurunan ekonomi global bisa menyebabkan kerusakan sementara posisi fiskal dan eksternal El Salvador.

Guna menghindari hal tersebut, pihak berwenang melakukan tanggap darurat, termasuk mentransfer uang tunai ke rumah tangga yang rentan dan keringanan pajak di sektor ekonomi yang paling terkena dampak.

Sementara tahun ini, El Salvador mempertahankan stabilitas ekonomi makro, IMF mengatakn, mulai 2021, negara tersebut harus mulai melakukan penyesuaian fiskal bertahap.

Dalah satunya adalah menurunkan utang publik dengan drastis yang mencapai 60 persen dari PDB tahun 2030 dengan patuh pada Hukum Tanggung Jawab Fiskal negara.

Sementara itu, per Selasa (14/4), El Salvador melaporkan jumlah infeksi virus corona baru hampir mencapai 150 kasus dengan 6 orang meninggal dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA