Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama Dalam Sejarah, Mantan Diplomat Korut Menang Pemilu Di Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 16 April 2020, 21:08 WIB
Pertama Dalam Sejarah, Mantan Diplomat Korut Menang Pemilu Di Korsel
Thae Yong-ho Mantan Diplomat Korut Yang Menang Pemilu Korsel/Net
rmol news logo   Mantan Diplomat Korea Utara, Thae Yong-ho, mengukir sejarah dunia dengan kemenangannya merebut kursi parlemen Korea Selatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Thae menang dalam pemilu di Daerah Pemilihan Distrik Gangnam, Seoul, dengan mengantongi 58,4 persen suara berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang diumumkan hari ini, Kamis (16/4), mengutip Bloomberg.

Sebelumnya, saat ia mencalonkan diri sebagai kandidat utama oposisi Partai Masa Depan Persatuan di distrik itu, ia separuh yakin.

"Saya berjanji akan mencurahkan pikiran dan kemampuan saya sebaik mungkin, untuk kita bisa menghadapi segala permasalahan dengan kebijakan berjangka panjang di daerah perbatasan," ujarnya.

Thae pindah ke Korsel pada 2016 setelah melarikan diri dari Pyongyang.

Sejak itu ia menjadi kritikus paling vokal dalam menyuarakan kesemena-menaan pemerintah Korut di bawah rezim Kim Jong-un.

Fenomena pelarian diri dari Korut ke Korsel memang acap terjadi, tapi relatif jarang ada seorang pejabat atau orang terpandang yang melakukannya.

Sebelumnya, Korea Selatan mengadakan pemilihan parlementer pada Rabu (15/4) yang mencatatkan jumlah pemilih 66,2 persen, meskipun dilangsungkan di tengah wabah virus corona.

Partai Presiden Moon Jae-in, Partai Demokrat, memperoleh kemenangan besar dengan mengambil 163 kursi dari 300 kursi di Majelis Nasional.

Kursi di parlemen sendiri akan tetap dikuasai partai penguasa saat ini, Demokrat. Partai pimpinan Presiden Moon Jae-in itu diperkirakan memenangi 155 dari 300 kursi parlemen tersedia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA