Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Via Telepon, Jokowi Dan Presiden Moon Jae-in Bahas Pemilu Hingga Penanganan Wabah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 22 April 2020, 08:35 WIB
Via Telepon, Jokowi Dan Presiden Moon Jae-in Bahas Pemilu Hingga Penanganan Wabah
Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in/Net
rmol news logo Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan panggilan telepon dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada Selasa (21/4).

Dalam perbincangan keduanya yang berlangsung selama 20 menit, Jokowi mengucapkan selamat kepada Moon karena partainya, Partai Demokratik, berhasil memenangkan pemilihan parlemen pada Rabu (15/4). Di mana partai tersebut memenangkan 180 dari 300 kursi di Majelis Nasional.

Menurut jurubicara Cheong Wa Dae (Gedung Biru), Kang Min-seok, Jokowi menyampaikan, kemenangan Partai Demokratik tidak lain sebagai hasil kepercayaan rakyat terhadap kepemimpinan Moon.

Atas ucapan yang disebut sebagai "ucapan selamat teman sejati" tersebut, Moon mengungkapkan terima kasihnya. Moon mengatakan, pemilihan nasional di Korea Selatan bisa berlangsung dengan aman karena jumlah kasus virus corona baru di sana sudah turun secara signifikan.

Merespons hal tersebut, Jokowi pun berharap bisa berbagi pengalaman dengan Korea Selatan untuk melawan Covid-19, melansir Korea Herald.

Hal tersebut diterima dengan tangan terbuka oleh Moon. Ia mengatakan, Korea Selatan selalu berkomitmen untuk membentuk kerja sama dan solidaritas dengan komunitas internasional dalam mengatasi pandemik.

Moon bahkan mengatakan Korea Selatan akan mempertimbangkan untuk memberi Indonesia bantuan kemanusiaan sebagai mitra khususnya. Sebelumnya, Korea Selatan sendiri sudah mengirim produk-produk seperti test kit dan disinfektan pada Indonesia.

Dalam perbincangan tersebut, kedua kepala pemerintahan itu juga sepakat untuk mengimplementasikan perjanjian terkait ekonomi.

Moon berhadap bisa memperkuat kemitraan pada industri perdagangan dan proyek relokasi modal dengan menerapkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) bilateral sesegera mungkin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA