Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trump Tidak Konsisten Soal Pembatasan Imigrasi, Gubernur Michigan: Saat Ini Jangan Bikin Warga Marah Dan Takut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 April 2020, 13:02 WIB
Trump Tidak Konsisten Soal Pembatasan Imigrasi, Gubernur Michigan: Saat Ini Jangan Bikin Warga Marah Dan Takut
Gubernur Michigan Gretchen Whitmer/Net
rmol news logo Gubernur Michigan Gretchen Whitmer menyimpulkan rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menangguhkan imigrasi adalah pengalihkan isu dari upaya memerangi pandemi virus corona.

Hal itu juga menunjukkan ketidakkonsistenan Trump, sehingga yang terjadi adalah masyarakat semakin dicekam kekhawatiran akan bahaya yang lebih besar lagi.

Pernyataan Trump tentang penghentian imigrasi meresahkan para keluarga imigran yang berharap bisa berimigrasi ke AS, seperti petani yang mengandalkan pekerja musiman serta perawat Kanada yang bekerja di Michigan, kata politisi Partai Demokrat ini dalam sebuah wawancara dengan media, melansir The Hill, Rabu (22/4).

“Pernyataan ini menurut saya sangat bermasalah dan bertentangan dengan apa yang kita butuhkan saat ini lebih dari apa pun," kata Whitmer, yang mengatakan mestinya bukan pelarangan imigrasi melainkan dilakukan pengujian atau uji swab.

"Ini yang kita butuhkan saat ini, bukan malah hal-hal yang membuat  takut atau marah," desaknya.

Dia mengkhawatirkan briefing harian yang disiarkan televisi hanya memperburuk keadaan.

"Saya pikir briefing malam telah menghasilkan banyak pesan yang tidak konsisten kepada publik, pesan yang menempatkan orang dalam bahaya yang lebih besar," katanya.

Gubernur yang baru menjabat satu periode itu sudah berulang kali berselisih dengan pemerintah federal. Whitmer salah satu tokoh dalam perselisihan antara pemerintah negara bagian dan federal atas peralatan medis dan pemeriksaan virus corona.

Sejak awal pandemi sudah lebih dari 1 juta warga Michigan mengajukan bantuan untuk pengangguran. Whitmer mengatakan untuk 'saat ini' negara bagiannya memiliki sumber daya untuk membayar bantuan pengangguran itu. Tapi seperti negara bagian lain, kata Whitmer, Michigan juga membutuhkan bantuan lebih besar lagi dari pemerintah federal.

Whitmer yang diisukan bakal dicalonkan sebagai wakil presiden ini menolak berkomentar soal isu tersebut.

"Tentu saja aku akan memberikan apa pun yang mereka minta," katanya. "Tapi aku tidak mengikuti audisi untuk pekerjaan yang berbeda dari yang aku miliki sekarang," kilahnya.

Whitmer menegaskan bahwa fokusnya sekarang adalah mengelola krisis yang telah menghancurkan perekonomian negaranya dan menewaskan 2.700 orang.

Dia mengatakan Michigan, bersama dengan negara-negara lain, sedang berjuang untuk melakukan pengujian yang cukup dan mendesak Trump untuk menggunakan semua kekuatannya untuk memaksa produsen untuk menghasilkan lebih banyak swab uji.

Dia berbicara ketika beberapa gubernur Partai Republik telah memulai proses pembukaan kembali ekonomi tanpa menunggu lebih banyak pengujian atau uji swab.

"Politik akan mengurus diri mereka sendiri," katanya. “Kita harus melakukan hal yang benar saat ini!” rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA