Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sungguh Aneh, Dua Dokter Positif Covid-19 Alami Kulit Menghitam Setelah Melalui Perawatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 April 2020, 17:30 WIB
Sungguh Aneh, Dua Dokter Positif Covid-19 Alami Kulit Menghitam Setelah Melalui Perawatan
Dua Dokter Yang Alami Kulit Menghitam/Net
rmol news logo Sungguh aneh yang terjadi pada dua dokter asal China yang divonis positif Covid-19 ini. Kulit keduanya menjadi menghitam. Mereka juga begitu lama menjalani perawatan.

Yi Fan dan Hu Weifeng, dua dokter ini tertular Covid-19 saat sedang merawat pasiennya di Wuhan, pada Januari lalu. Mereka pun menjalani karantina, mengutip New York Post, Selasa (21/4).

Yi dan Hu merupakan pejuang medis yang pertama kali mengumumkan virus corona baru itu muncul bersama koleganya Li Wenliang yang meninggal pada 7 Februari lalu. Ketiganya tertular virus, nyars berdekatan waktunya, namun Lin Wenliang tidak dapar bertahan.  

Beruntung keduanya berhasil sembuh setelah melewati panjangnya masa perawatan. Namun, kulit mereka berubah menghitam saat menjalani pemulihan.

Perubahan warna kulit pada kedua pria itu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon setelah hati mereka rusak karena virus. Namun, seorang dokter mencurigai bahwa kulit mereka menjadi gelap karena obat tertentu yang mereka terima pada awal perawatan.

Yi Fan, adalah dokter ahli jantung. Keika menjalani perawatan, ia harus menggunakan mesin pernapasan bernama extracorporeal membrane oxygenation (ECMO) selama 39 hari. Alat itu mirip dengan mesin by-pass jantung-paru yang digunakan dalam operasi jantung terbuka, yang memompa dan mengoksigenasi darah pasien di luar tubuh.

"Ketika saya pertama kali mendapatkan kesadaran, terutama setelah saya tahu tentang kondisi saya, saya merasa takut. Saya sering mengalami mimpi buruk," kata Yi, melansir Xinhua.

Sedangkan Hu Weifeng, dokter urologi, telah terbaring di tempat tidur selama 99 hari dan masih sangat lemah setelah menjalani terapi ECMO dari 7 Februari hingga 22 Maret.

Menurut dokter yang merawatnya, Li Shusheng, Hu mendapatkan kemampuan berbicara kembali pada 11 April 2020.

"Namun, warna kulit mereka diperkirakan akan kembali normal ketika fungsi hati mereka membaik," tutur Li.

Selain dua dokter China tersebut, beberapa waktu lalu, aktor Kanada Nick Cordero juga mengalami hal pahit. Dia dinyatakan positif Covid-19 dan harus dirawat. Dalam masa perawatan 18 hari, dokter menemukan pembekuan darah pada kakinya.

Dokter pun memberikan obat pengencer. Sayangnya terjadi komplikasi sehingga ia harus diamputasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA