Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno Ungkap AS Komitmen Beri Indonesia Rp 47 Miliar Untuk Tangani Pandemik Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 23 April 2020, 11:26 WIB
Menlu Retno Ungkap AS Komitmen Beri Indonesia Rp 47 Miliar Untuk Tangani Pandemik Covid-19
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Mike Pompeo/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo menekankan komitmen negaranya untuk melakukan kerja sama dengan ASEAN terkait penanganan pandemik Covid-19 dan dampaknya.

Komitmen tersebut salah satunya dituangkan dengan memberikan dana kontribusi guna membantu penanganan pandemik di negara-negara ASEAN sebesar 35,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp 550 miliar (Rp 15.575/dolar AS).

Hal tersebut disampaikan oleh Menlu Retno Marsudi ketika melakukan konferensi pers dengan wartawan usai menghadiri pertemuan virtual antara Menlu ASEAN-AS pada Kamis (23/4), mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

"Untuk Indonesia sendiri, komitmen kerja sama AS jumlahnya lebih dari 3 juta dolar AS (Rp 47 miliar)," ujar Menlu Retno.

Ada pun komitemen AS tersebut disalurkan melalui beberapa lembaga, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Universitas Johns Hopkins, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), hingga MER-C.

Bentuk dukungan yang diberikan AS tersebut antara lain untuk laboratorium, konsultasi, pengawasan, dan penyediaan alat-alat kesehatan, seperti alat pelindung diri (APD) dan reagen.

Selain dana kontribusi, Menlu Retno mengungkapkan, Menlu Pompeo mengatakan AS berkomitemen untuk mengirimkan para ahli kesehatan dari CDC ke negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA