Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Tes Covid-19 Tertunda, Menkes Zevallos: Total Infeksi Di Ekuador Bisa Dua Kali Lebih Banyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 April 2020, 09:26 WIB
Banyak Tes Covid-19 Tertunda, Menkes Zevallos: Total Infeksi Di Ekuador Bisa Dua Kali Lebih Banyak
Pasien Covid-19/Net
rmol news logo Menteri Kesehatan Ekuador, Juan Carlos Zevallos mengungkapkan, jumlah kasus infeksi virus corona baru di negara Amerika Latin itu mungkin dua kali lebih besar dari angka yang dikonfirmasi.

Pasalnya, Zevallos pada Kamis (23/4) mengungkapkan, pihak berwenang menambahkan 11.000 infeksi baru dari hasil pengujian yang tertunda. Saat ini, pemerintah sendiri mengonfirmasi jumlah infeksi sebanyak 11.183 kasus.

Hingga saat ini, menurutnya, hampir 24.000 hasil tes tertunda jika mengacu pada angka Kementerian Kesehatan, di mana rata-rata akan membutuhkan waktu selama sepekan untuk diproses.

Selain itu, dimuat Reuters, Zevallos mengatakan, pihak berwenang juga tengah melakukan pendataan pada orang meninggal yang belum diuji Covid-19. Di mana keluarga atau kerabat yang meninggal akan dipanggil untuk ditanyai apakah yang bersangkutan sempat mengalami gejala infeksi.

Pekan lalu, pemerintah Ekuador mengatakan, ada 6.700 kematian di Provinsi Guayaquil selama 15 hari pertama pada April. Di mana rata-rata kematian mingguan mencapai 2.000 orang.

Kendati begitu, tidak semua orang yang meninggal terkait dengan Covid-19. Banyak di antaranya yang meninggal karena penyakit lain yang tidak sempat ditangani karena rumah sakit kewalahan dengan pasien Covid-19.

Hingga saat ini, Ekuador sendiri mengonfirmasi 560 orang meninggal dunia akibat infeksi.

Presiden Ekuador, Lenin Moreno telah mengakui bahwa pemerintahannya telah gagal mengatasi krisis kesehatan akibat pandemik Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA