Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memanas, STC Umumkan Pemerintahan Sendiri Di Yaman Bagian Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 April 2020, 14:44 WIB
Memanas, STC Umumkan Pemerintahan Sendiri Di Yaman Bagian Selatan
Lambang STC/Net
rmol news logo Pandemik Covid-19 tidak berhasil untuk meredakan ketegangan di Yaman. Pasalnya organisasi separatis Yaman, Dewan Transisi Selatan (STC) menyatakan akan membentuk pemerintahannya sendiri.

Minggu dini hari (26/4), STC mengungkapkan akan menetapkan pemerintahannya sendiri di wilayah-wilayah kendali mereka.

Pengumuman tersebut langsung dikecam oleh koalisi yang didukung Arab Saudi dengan menyatakan langkah tersebut memperbarui konflik dan STC akan mendapatkan konsekuensinya.  

Saksi mata Reuters melaporkan, terlihat pasukan bersenjata STC di Aden sudah ditempatkan. Dalam sebuah pernyataan, STC mengumumkan peraturan darurat di Aden dan semua gubernur selatan.

Tahun lalu, STC yang didukung oleh Uni Emirat Arab (UEA), menyalahkan pemerintahan Abd-Rabbu Mansour Hadi dan merebut Aden, serta memperluas wilayahnya ke selatan.

"Pengumuman oleh dewan transisi yang disebut niatnya untuk mendirikan pemerintahan selatan adalah dimulainya kembali pemberontakan bersenjatanya dan pengumuman penolakannya dari penarikan penuh dari perjanjian Riyadh," ujar Menteri Luar Negeri Yaman Mohammed Al-Hadhrami.

Dalam pernyataan tersebut, STC juga akan menanggung sendiri konsekuensi dari langkah berbahayanya itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA