Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tampik Rumor, Korea Selatan: Kim Jong Un Masih Hidup Dan Sehat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 27 April 2020, 08:54 WIB
Tampik Rumor, Korea Selatan: Kim Jong Un Masih Hidup Dan Sehat
Kim Jong Un dan Moon Jaein/Net
rmol news logo Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, masih hidup dan sehat. Demikian pernyataan dari penasihat keamanan utama Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in untuk menampik rumor mengenai kesehatan Kim.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penasihat khusus Presiden Moon untuk keamanan nasional, Moon Chung-in, mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan CNN pada Minggu (26/4).

"Posisi pemerintah kita tegas. Kim Jong Un masih hidup dan sehat," ujarnya seperti dimuat CNA.

Moon mengatakan, sejak 13 April, Kim tinggal di Wonsan, kota resor di timur Korea Utara.

"Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeksi," ujarnya.

Rumor mengenai memburuknya kesehatan Kim muncul setelah ia tidak menghadiri perayaan ulang tahun kakeknya, sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April. Terakhir kali Kim muncul di depan umum adalah ketika memimpin rapat politbiro Partai Pekerja pada 11 April.

Sebuah media yang berbasis di Seoul, Daily NK kemudian memicu munculnya berbagai spekulasi. Media tersebut mengklaim Kim telah menjalani operasi kardiovaskular dan tengah dalam perawatan.

Setelah itu, berbagai spekulasi mengenai kesehatan Kim bermunculan, bahkan ada yang menyebutkan ia telah meninggal dunia.

Kendati begitu, seorang anggota parlemen Rusia, Kazbek Taysaev, yang sudah melakukan pembicaraan dengan Dutabesar Korea Utara mengungkapkan, spekulasi mengenai kesehatan Kim tidak dapat diverifikasi.

"Kami telah membahas topik ini dengan dutabesar dan saya belum menerima konfirmasi dari rumor tersebut," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA