Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Laporan Kesehatan Kim Jong Un Memburuk, Menteri Unifikasi: Itu Fenomena Infodemik Dan Berita Palsu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 28 April 2020, 14:46 WIB
Tolak Laporan Kesehatan Kim Jong Un Memburuk, Menteri Unifikasi: Itu Fenomena Infodemik Dan Berita Palsu
Kim Jong Un/Net
rmol news logo Berbagai spekulasi mengenai kesehatan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang disebutkan memburuk dibantah oleh Menteri Unifikasi Korea, Kim Yeon-chul.

Dalam pertemuan komite urusan luar negeri parlemen pada Selasa (28/4), Kim mengatakan, spekulasi bahwa Kim Jong Un menderita penyakit parah adalah berita bohong dan infodemik atau gelombang informasi berlebihan mengenai suatu masalah.

"Itu bisa dilihat sebagai fenomena infodemik," ujar Kim seperti dimuat Yonhap.

"Kami memiliki kapasitas intelijen yang memungkinkan kami untuk mengatakan dengan percaya diri bahwa tidak ada tanda-tanda yang tidak biasa," lanjutnya.

Spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong Un mencuat setelah ia melewatkan peringatan ulang tahun kelahiran kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April lalu.

Laporan dari Daily NK menyebutkan Kim Jong Un tengah menerima perawatan medis di luar Pyongyang setelah mendapatkan operasi kardiovaskular.

Berdasarkan laporan tersebut, CNN kemudian pada pekan lalu melaporkan bahwa intelijen Amerika Serikat sedang melakukan penyelidikan dan Kim Jong Un berada dalam kondisi yang berbahaya.

Menanggapi hal tersebut, Kim mengatakan berita tersebut adalah palsu dan belum dikonfirmasi.

"Saya tahu bahwa laporan CNN didasarkan pada laporan Daily NK, yang mengatakan bahwa (Kim Jong Un) menerima operasi di Hyangsan Medical Center," ujar Kim.

"(Tapi) itu tidak masuk akal secara logis. Hyangsan Medical Centre seperti klinik, fasilitasnya yang tidak mampu melakukan operasi atau prosedur medis," paparnya.

Lebih lanjut, Kim menjelaskan, Kim Jong Un melewatkan peringatan ulang tahun Kim Il Sung ke Istana Kumsusan Matahari karena pemerintah sedang melakukan upaya untuk mengurangi kegiatan publik di tengah pandemi virus corona baru.

Ketika ditanya apakah saat ini Kim Jong Un tinggal di Pyongyang, Kim menolak berkomentar dan mengatakan hal tersebut adalah masalah intelijen yang tidak bisa diungkapkan.

Alih-alih, Kim mengatakan, berdasarkan laporan media Korea Utara, saat ini Kim Jong Un sedang menangani urusan negara seperti biasanya.

"Media Korea Utara telah mengeluarkan laporan terkait dengan pekerjaan Ketua Kim sejak kehadirannya dalam pertemuan politbiro, menunjukkan ia telah melakukan urusan negara secara normal," katanya kepada anggota parlemen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA