Survei Penanganan Covid-19: Gubernur Lebih Dipercaya Daripada Presiden

Presiden Donald Trump saat pengarahan di Gedung Putih/Net

Kepemimpinan Presiden Donald Trump sangat diragukan dan dipandang sebelah mata oleh orang Amerika itu sendiri.

Pasalnya, dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Harvard, Northeastern, dan Rutgers, sebagian besar orang cenderung memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintahan negara bagian dan daerah, dibanding pemerintah federal.

Jajak pendapat tersebut dilakukan pada lebih dari 22.000 responden di 50 negara bagian yang dilakukan pada 17 hingga 26 April.

Secara keseluruhan, 44 persen responden menyetujui penanganan Trump terhadap wabah, sementara 40 persen lainnya tidak setuju, seperti dilansir The Hill

Tetapi, ketika dibandingkan, responden lebih setuju dengan tanggapan gubernur mereka, di bandingkan yang dilakukan oleh Trump.

Kesenjangan yang paling terlihat dalam jajak pendapat tersebut terjadi di Massachusetts dan Maryland. Di kedua negara bagian tersebut, Gubernur Charlie Baker dan Gubernur Larry Hogan yang keduanya berasal dari Partai Republik mendapatkan persetujuan publik sebanyak 80 persen. Angka tersebut jauh dari 38 persen untuk persetujuan tanggapan Trump.

"Jika anda berpikir tentang hal ini dalam kredibilitas pembawa pesan, pada dasarnya anda memiliki presiden dari Partai Republik yang memberi tahu orang-orang bahwa mereka harus kembali ke bisnis reguler," ujar profesor kebijakan publik Harvard, Matthew Baum.

"Siapa yang akan lebih kredibel untuk membantah argumen itu? Seorang Demokrat yang memiliki minat partisan untuk tidak setuju dengan presiden atau Republikan?" tambahnya.

"Gubernur adalah orang-orang yang terlihat di pucuk pimpinan, lebih dari Gedung Putih," lanjutnya menyimpulkan.

Sementara itu di Ohio, sebanyak 83 persen responden setuju dengan tanggapan Gubernur Mike DeWine yang merupakan sayap kanan, dengan 51 persen responsen juga setuju dengan tanggapan Trump.

Di Kentucky, 81 persen menyukai pekerjaan yang dilakukan Gubernur Andy Beshear dari Partai Demokrat, dibandingkan dengan 51 persen yang mengatakan hal yang sama tentang Trump.

Gubernur di California, Delaware, Indiana, Maine, Minnesota, New Hampshire, New York, Rhode Island, Vermont, Washington dan Virginia Barat semuanya mencatat peringkat persetujuan pada angka 70-an persen.

Hanya dua gubernur yang mendapatkan tingkat persetujuan di bawah 50 persen, yaitu Gubernur Hawaii, David Ige dari Partai Demokrat dan Gubernur South Dakota, Kristi Noem dari Partai Republik. Kendati kecil, tingkat persetujuan keduanya tetap di atas Trump.

Beberapa gubernur yang terlambat untuk menutup fasililtas publik biasanya mendapatkan persetujuan yang rendah, misalnya Gubernur Florida, Ron DeSantis; Gubernur Iowa, Kim Reynolds; Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt; Gubernur Carolina Selatan, Henry McMaster; dan Gubernur Alaska, Mike Dunleavy. Semuanya memiliki tingkat persetujuan di bawah 55 persen.

"Gubernur yang paling dekat hubungannya dengan kebijakan paling proaktif membayar harga untuk itu, karena itu tidak berhubungan dengan warga negara mereka," kata Baum.

Di sisi lain, tingkat persetujuan terhadap tanggapan Trump muncul di Wyoming, yaitu 59 persen dan Virginia Barat dengan 57 persen.

Peringkat persetujuan terendah untuk tanggapan Trump ada di Distrik Columbia dengan hanya 28 persen.

Pada dasarnya, lebih dari 90 persen responden mengatakan mereka agak atau sangat setuju aturan meminta orang untuk tinggal di rumah, membatasi perjalanan internasional dan menutup sekolah.

Sebanyak 83 persen juga setuju untuk menutup bisnis, kecuali beberapa bisnis penting.

Selain membandingkan tingkat kepercayaan antara pemerintah federal dan negara bagian, survei tersebut juga melihat bagaimana kepercayaan publik antara pemerintah dan ahli kesehatan mengenai tanggapan wabah.

Hasilnya, sebanyak 89 persen lebih mempercayai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan 51 persen mempercayai pemerintahan Trump.

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

Gelar Upacara Rahasia, Alexander Lukashenko Dilantik Jadi Presiden Belarusia
Dunia

Gelar Upacara Rahasia, Alexa..

23 September 2020 18:49
Muhyiddin: Sebelum Pernyataan Anwar Ibrahim Terbukti, Saya PM Malaysia Yang Sah
Dunia

Muhyiddin: Sebelum Pernyataa..

23 September 2020 18:30
Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X, Pejabat Korsel Terbang Ke Jakarta
Dunia

Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X..

23 September 2020 18:12
Mahathir Mohamad: Dana Pemilu Sabah Lebih Baik Digunakan Untuk Tangani Wabah Covid-19
Dunia

Mahathir Mohamad: Dana Pemil..

23 September 2020 17:44
Anwar Ibrahim Berkoar-koar Bentuk Pemerintahan Baru, Muhyiddin Yassin Masih Adem Ayem
Dunia

Anwar Ibrahim Berkoar-koar B..

23 September 2020 16:52
Mahathir Mohamad: Bukan Kali Pertama Anwar Ibrahim Ingin
Dunia

Mahathir Mohamad: Bukan Kali..

23 September 2020 16:28
Di Sidang PBB Rouhani Kecam AS: Hidup Kami Menjadi Sulit Di Bawah Sanksi, Tapi Lebih Sulit Lagi Jika Tanpa Kemerdekaan
Dunia

Di Sidang PBB Rouhani Kecam ..

23 September 2020 15:28
Wartawan AS Ditemukan Tewas Mencurigakan Dalam Mobil Sewaan Di Turki
Dunia

Wartawan AS Ditemukan Tewas ..

23 September 2020 15:13