Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewati Arab Spring Tanpa Pergantian Rezim, Teguh Santosa: Maroko Berhasil Perbesar Pengaruhnya Di Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 01 Mei 2020, 21:38 WIB
Lewati Arab Spring Tanpa Pergantian Rezim, Teguh Santosa: Maroko Berhasil Perbesar Pengaruhnya Di Afrika
Teguh Santosa/Net
rmol news logo Selain mampu melewati Arab Spring tanpa gejolak politik yang brarti, Kerajaan Maroko juga berhasil mengembalikan posisi sebagai pemain utama di benua Afrika.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sejak era Perang Dingin, khususnya pada pertengahan 1970an, Maroko diganggu oleh kelompok separatis yang ingin memisahkan diri. Kelompok separatis ini ditampung di negara tetangga Aljazair, dan pada masa Perang Dingin mendapat dukungan dari blok Timur, dalam hal ini Uni Soviet, Aljazair, dan Libya.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Maroko, Teguh Santosa, keberhasilan Maroko membuktikan diri sebagai negara yang menghormati prinsip-prinsip demokrasi membuat negara itu tampil lebih percaya diri dalam memperjuangkan keutuhan wilayah.

Pendapat itu disampaikan Teguh dalam diskusi daring bertema “Ujung Musim Semi Arab dan Liberalisasi Saudi” yang diselenggarakan Pusat Kajian Tajdid Institute” pada Jumat sore (1/5).

“Reformasi yang dilakukan Maroko sejak 1999 kemudian 2011 menciptakan Maroko yang relatif stabil. Selain itu Maroko juga berhasil memainkan peran yang lebih strategis di benua Afrika," ujar Teguh.

Untuk membuat perannya di benua Afrika semakin signifikan, pada tahun 2017 Raja Muhammad memutuskan untuk kembali bergabung dengan Uni Afrika.

Maroko merupakan salah satu pendiri Organisasi Persatuan Afrika (OAU) yang merupakan cikal bakal Uni Afrika pada tahun 1963. Tetapi di tahun 1984 Maroko memutuskan untuk hengkang karena OAU menerima negara boneka di Sahara menjadi anggota.

Keberhasilan Maroko menjaga stabilitas politik di dalam negeri dan mencatat berbagai kemajuan ekonomi berbuah kepercayaan negara-negara Afrika.

Maroko tak sungkan mengulurkan tangan memberikan bantuan pada negara-negara Afrika yang sedang mengalami kesulitan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA