Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kim Jong Un Akhirnya Muncul Di Hadapan Publik, Semua Teriak 'Horeee'

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Mei 2020, 07:57 WIB
Kim Jong Un Akhirnya Muncul Di Hadapan Publik, Semua Teriak 'Horeee'
Kim Jong Un menggunting pita tanda peresmian pabrik pupuk di Sunchon/KCNA
rmol news logo Berbagai spekulasi mengenai kondisi Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un terpatahkan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setelah dilaporkan lama tidak terlihat, Kim Jong Un menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk fosfat di  Sunchon, di Provinsi Pyongan Selatan, sekitar 50 kilometer di utara Pyongyang.

Upacara peresmian pabrik dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Buruh (Jumat, 1/5). Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, menurunkan beritanya Sabtu pagi (2/5).

Dalam foto yang ikut diunggah, tampak Kim Jong Un memotong pita merah tanda peresmian pabrik di platform kehormatan.

Kim Jong Un terlihat sehat, dan tidak tampak tanda-tanda mengalami persoalan kesehatan seperti yang ramai diberitakan setidaknya dua pekan belakangan ini.

Sebelum ini Kim Jong Un dilaporkan terlihat terakhir kali saat memeriksa unit jet tempur Korea Utara pada 12 April. Sehari sebelum itu, Ketua Partai Pekerja Korea ini memimpin pertemuan Politbiro di Pyongyang.

Dilaporkan KCNA, peserta upacara peresmian pabrik menyambut gembira kehadiran Kim Jong Un dan berteriak “hurrah!” atau “horeee”.

Turut hadir dalam upacara peresmian itu Pak Pong Ju yang merupakan anggota Politbiro Komite Pusat Partai Pekerja Korea dan Wakil Ketua Komisi Urusan Negara.

Juga hadir anggota Politbiro Kim Jae Ryong, anggota serta anggota Komisi Urusan Negara dan Perdana Menteri Kabinet Kim Tok Hun, serta Wakil Ketua  Komite Pusat Partai Pekerja Korea Kim Yo Jong.  

Dalam upacara Kim Jong Un memeriksa fasilitas itu dan mendengarkan penjelasan mengenai proses produksi pupuk.

Dalam sambutannya Kim Jong Un mengatakan, kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan sangat senang jika mereka mendengar berita bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun.

Pabrik pupuk di Sunchon ini adalah proyek pertama yang diresmikan setelah Pertemuan Pleno ke-5 Komite Pusat Partai Pekerja Korea ke-7 yang diselenggarakan bulan Desember tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA