Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Punya Bensin, Venezuela Kirim Sembilan Ton Emas Agar Iran Bantu Hidupkan Penyulingan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Mei 2020, 10:52 WIB
Tak Punya Bensin, Venezuela Kirim Sembilan Ton Emas Agar Iran Bantu Hidupkan  Penyulingan
Presiden Venezuela Nicolas Maduro saat memamerkan emas-emasnya/Net
rmol news logo Pemerintah Venezuela menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan Iran dalam membangun kembali industri minyak Venezuela yang bermasalah.

Rasa terima kasih itu disampaikan Venezuela dengan membongkar brangkas emasnya dan menyerahkan sembilan ton emas. Negara itu sudah tidak punya uang lagi.

Para Mullah Iran telah membantu membangun kembali industri minyak rezim  Maduro yang sudah terseok-seok dalam beberapa tahun terakhir.

Bantuan Teheran antara lain menghidupkan kembali kilang penyulingan bensin Caracas yang sudah lumpuh. Emas batangan menjadi opsi pembayaran karena cadangan devisa Venezuela hanya 6,3 miliar dolar AS, dalam aset mata uang keras, jumlah terendah dalam tiga dekade terakhir, melansir Bloomberg, Jumat (1/5).
Emas itu diikat pada sebuah jet untuk diterbangkan ke Iran.

Pemerintah Maduro menimbun sekitar 9 ton emas, jumlah yang nilainya setara dengan sekitar 500 juta dolar AS.
Iran menjadi tujuan terbaru untuk emas Venezuela setelah AS menindak kesepakatan serupa yang dilakukan rezim Nicolas Maduro dengan Rusia dan Turki.

Iran dan Venezuela memiliki hubungan cukup erat dan sama-sama memiliki sumber pendapatan dari minyak. Kejatuhan harga minyak memperburuk kondisi ekonomi keduanya. Bagi Iran kesepakatan dengan Venezuela akan memberikan sumber pendapatan baru. Sedangkan bagi Venezuela bisa menjaga pasokan bensin tidak habis.

Perusahaan penerbangan yang bermarkas di Teheran, Mahan Air, telah menerbangkan lebih dari setengah lusin jet ke negara di Amerika Selatan dalam sepekan terakhir.

Sebagian besar mengirimkan bahan tambahan bensin, suku cadang dan teknisi untuk membantu memperbaiki kilang utama di sepanjang pantai barat laut Venezuela.

Sementara itu, Mahan Air telah mengirim pesawat lain ke bandara internasional di luar Caracas. Dimana mereka membawa emas batangan untuk dibawa kembali ke Teheran, Iran.

Kejatuhan harga minyak membuat harga emas yang disimpan di Caracas, Venezuela menjadi sumber kekayaan paling penting.

Venezuela dalam kemiskinan ekstrem di bawah pemerintahan sosialis Nicolás Maduro Moros. Sementara negara itu menyimpan sekitar 70 ton emas di brankas dan sekarang menjualnya menjadi semakin sulit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA