Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Terpengaruh Covid-19, China Akan Tetap Tingkatkan Anggaran Militernya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 04 Mei 2020, 08:19 WIB
Tak Terpengaruh Covid-19, China Akan Tetap Tingkatkan Anggaran Militernya
Militer China/Net
rmol news logo Para analis memperkirakan anggaran pertahanan China untuk yang akan datang akan sedikit terganggu karena adanya wabah virus corona.

Namun, gangguan itu tak seberapa bila dibandingkan dengan rencana China yang akan terus melakukan peningkatan moderat dan mengembangkan kemampuan militernya.

Badan legislatif China mengatakan, anggaran militer pemerintah diperkirakan akan terungkap pada sesi Kongres Rakyat Nasional (NPC) tahun ini, yang tertunda lebih dari dua bulan karena pandemi. Diperkirakan NPC akan diadakan pada 22 Mei.

Tahun lalu pengeluaran pertahanan diumumkan pada sesi NPC 1,18 triliun yuan atau 176 miliar dolar AS, naik 7,5 persen dari tahun sebelumnya.
China mengatakan pengeluaran militernya selalu dijaga di bawah 2 persen dari PDB selama 30 tahun terakhir, meskipun angka resmi telah lama digambarkan oleh pengamat Barat sebagai buram.

Dalam sebuah laporan awal pekan ini, Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm memperkirakan bahwa pengeluaran militer aktual China pada tahun 2019 adalah 261 miliar dolar AS, tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat yang menggelontorkan 732 miliar dolar AS.

John Lee, asisten profesor di Universitas Sydney dan rekan senior di Institut Hudson di Washington, memperkirakan bahwa tahun ini anggaran pertahanan China akan tetap kira-kira sama atau meningkat secara sederhana, sejalan dengan tingkat pertumbuhan beberapa tahun terakhir.

"Dalam lingkungan saat ini, Beijing ingin menekankan bahwa China telah pulih secara substansial dari Covid-19 dan lintasan kekuatannya tidak terpengaruh oleh peristiwa baru-baru ini," kata Lee, seperti dikutip dari SCMP, Minggu (3/5).

PDB Tiongkok mengalami penurunan 6,8 persen pada kuartal pertama, kontraksi pertama sejak pencatatan triwulanan dimulai pada tahun 1992, setelah shutdown yang luas sementara mengandung wabah koronavirus. Namun, peningkatan resmi dalam anggaran militer sejak 2011 selalu melebihi pertumbuhan PDB secara keseluruhan.

Pemerintah Cina mungkin lebih fokus pada penciptaan lapangan kerja, kesejahteraan sosial dan pengentasan kemiskinan, tetapi tidak dengan mengorbankan investasi militer, menurut Collin Koh, peneliti dari S Rajaratnam School of International Studies di Singapore Nanyang Technological University di Singapura.

"Saya cenderung berpikir itu akan kurang lebih sama," kata Koh. "Untuk mengurangi [anggaran] dapat mengirim sinyal yang salah kepada calon lawan, baik domestik maupun eksternal: bahwa Beijing telah kehilangan keinginan untuk mempertahankan modernisasi militernya untuk menegaskan kepentingan inti nasional."

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) memulai reformasi besar-besaran, dan mahal, pada tahun 2015, dengan perombakan personel, perubahan struktur, peningkatan peralatan, dan peningkatan pelatihan untuk lebih menyerupai skenario pertempuran. Itu seharusnya selesai tahun ini.

Mengingat hubungan yang memburuk dengan Amerika Serikat dan meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan dan Laut Cina Selatan, PLA menghadapi tantangan yang membutuhkan peningkatan investasi yang stabil, menurut komentator militer Song Zhongping yang bermarkas di Hong Kong.

Pakar militer yang berbasis di Makau Antony Wong Dong memperkirakan masih akan ada sekitar 6-7 persen pertumbuhan dalam anggaran 'apa pun'.

"PLA memainkan peran penting dalam perang melawan penularan, sehingga penurunan pengeluaran tidak akan diterima," kata Wong.

Peran itu termasuk pengerahan lebih dari 4.000 petugas medis militer untuk membantu merawat pasien Covid-19, dan membantu mengangkut persediaan medis.

Wong mengatakan itu akan menjadi tahun yang penting bagi PLA dalam menyelesaikan persiapannya untuk tindakan militer potensial terhadap Taiwan, yang akan menjadi sangat strategis.

“[Presiden] Xi Jinping sendiri tidak akan pernah membiarkannya dipengaruhi oleh kekurangan dana”.

Namun, sedikit peningkatan anggaran akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan mempertahankan pencegahan terhadap ancaman potensial, termasuk mencegah Taiwan yang memerintah sendiri mengambil kesempatan untuk mendeklarasikan kemerdekaan, kata pakar angkatan laut Li Jie. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA