Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Pemilu AS: 70 Persen Pemilih Demokrat Ingin Joe Biden Didampingi Elizabeth Warren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 Mei 2020, 09:25 WIB
Survei Pemilu AS: 70 Persen Pemilih Demokrat Ingin Joe Biden Didampingi Elizabeth Warren
Joe Biden dan Elizabeth Warren/Net
rmol news logo Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden masih belum memutuskan siapa pasangannya untuk melawan Donald Trump di pemilihan presiden 2020.

Beberapa waktu lalu, Biden telah berjanji untuk memberikan posisi wakil kepada seorang wanita. Namun, siapakah wanita yang pantas menjadi pasangannya?

Dalam sebuah jajak pendapat yang dirilis CBS News pada Minggu (3/5), Senator Elizabeth Warren menempati posisi pertama untuk kandidat wakil presiden dari Partai Demokrat, mendampingi Biden.

Jajak pendapat tersebut dilakukan melalui survei terhadap 200 warga AS pada 28 April hingga 1 Mei dengan margin kesalahan 2,5 poin, melansir Sputnik.

Hasilnya, sebanyak 71 persen pemilih Partai Demokrat mengatakan, Biden harus memilih Warren sebagai calon wakilnya.

Mengikuti Warren, ada Senator Kamala Harris dengan 59 persen. Lalu mantan kandidat Gubernur Georgia, Stacy Abrams dengan 50 persen dan Senator Amy Klobuchar dengan 49 persen.

Berdasarkan jajak pendapat, mayoritas pemilih Demokrat berkulit putih mendukung Warren. Sementara suara pemilih Demokrat berkulit hitam terbagi kepada Abrams dan Harris.

Dari jajak pendapat tersebut, tiga posisi teratas untuk calon wakil Biden adalah Warren, Klobuchar, dan Harris. Ketiganya pun pernah bertanding dalam pemilihan calon presiden untuk Partai Demokrat pada 2019.

Warren sendiri menjadi pilihan teratas karena dianggap memiliki keahlian ekonomi yang cocok untuk mendampingi Biden. Di mana pemilih Demokrat menginginkan keahlian ekonomi dan manajemen krisis menjadi dua hal penting yang harus dimiliki calon wakil presiden.

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan sebanyak 55 persen pemilih Demokrat ingin Biden membuat pilihan "berani" ketika memilih wakilnya. Sementara 45 persen lainnya ingin Biden mencari "opsi aman".

Dalam jajak pendapat yang sama, Biden sudah memimpin Trump dalam head to head pertarungan pemilihan nasional, yaitu 49 persen dan 43 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA