Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Pandemik China Telah Bangun 198.000 BTS 5G Dengan 50 juta Pengguna

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 04 Mei 2020, 11:37 WIB
Di Tengah Pandemik China Telah Bangun 198.000 BTS 5G Dengan 50 juta Pengguna
Seorang insinyur berdiri di bawah stasiun pangkalan antena 5G di Pusat Manufaktur Songshan Lake di Dongguan, provinsi Guangdong, Tiongkok tahun lalu/Net
rmol news logo Di tengah pandemik Covid-19, teknologi China terus bekerja. Hingga akhir Maret China telah membangun total 198.000 BTS 5G di seluruh negara itu, dan mencakup lebih dari 50 juta pengguna.

China telah mencapai kemajuan luar biasa dalam paten 5G ini, baik standar, lisensi evaluasi, dan penyebaran jaringannya. Misalnya, 5G patennya menguasai lebih dari 30 persen dari total dunia, berada di peringkat pertama.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China menginformasikan, ketika konstruksi jaringan dipercepat, terminal memasuki periode perkembangan yang cepat, 95 di antaranya telah diberikan akses ke jaringan.

"Ponsel 5G dengan harga di bawah 2.000 yuan (280 dolar AS) keluar di pasaran," kata Wen Ku dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi, seperti dikutip dari CGTN, Minggu (3/5).

Beberapa produsen ponsel dalam negeri berusaha mengoptimalkan pengalaman aplikasi dengan mengembangkan teknologi informasinya.
Kementerian mengatakan mereka akan mendukung perusahaan telepon seluler untuk memperkuat inovasi penelitian dan pengembangan.

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China mengeluarkan empat lisensi komersial untuk 5G pada 6 Juni tahun lalu, yang berarti negara tersebut telah secara resmi memasuki era teknologi baru, berlomba di sepanjang jalur 5G.

Pada akhir 2019, lebih dari 130.000 BTS 5G telah dibangun secara nasional.

Apakah itu berarti BTS 4G tidak diperlukan lagi?

Membangun BTS 5G tidak menghapuskan BTS 4G, tetapi malah memperbaruinya, kata Li Yizhong, mantan menteri Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China pada Forum Made in China 2020.   

Dalam tujuh tahun, 5,5 juta BTS 4G yang ada saat ini akan ditingkatkan menjadi 5G. Total gabungan BTS 5G akan mencapai enam juta di Cina pada tahun 2027. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA