Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Berhasil Luncurkan Roket Pengangkut Pesawat Ruang Angkasa Generasi Terbaru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 Mei 2020, 10:20 WIB
China Berhasil Luncurkan Roket Pengangkut Pesawat Ruang Angkasa Generasi Terbaru
Peluncuran roket/Net
rmol news logo China telah berhasil meluncurkan roket pengangkut terbesarnya yang membawa pesawat ruang angkasa generasi baru.

Selasa (5/5), roket pengangkut pesawat ruang angkasa Long March-5B berhasil lepas landas pada pukul 18.00 waktu setempat di Pusat Peluncuran Antariksa Wenchang, sebelah selatan provinsi pulau Hainan.

"Itu adalah misi pertama yang dilakukan oleh Long March-5B," ujar Kantor Teknik Ruang Angkasa China seperti yang dilaporkan CCTV yang dikutip Reuters, Kamis (7/5).

Long March-5B memiliki panjang sekitar 53,7 meter dan massa lepas landas sekitar 849 ton. Itu juga membawa modul pengembalian kargo tiup.

Pada Maret, China mengungkapkan, pihaknya memiliki misi untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa eksperimental tanpa awak sebagai bagian dari program luar angkasa agar bisa mengangkut astronot ke stasiun ruang angkasa untuk eksplorasi ruang angkasa berawak di masa depan.

Peluncuran tersebut sebenarnya dijadwalkan pada pertengahan hingga akhir April, namun baru terlaksana pada awal Mei.

China sendiri memiliki target untuk menyelesaikan multi-modul, stasiun ruang angkasanya yang dapat dihuni pada tahun 2022.

Jika berhasil, China akan menjadi negara ketiga yang berhasil membawa manusia ke ruang angkasa setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat.

China bahkan memiliki cita-cita untuk menjadi kekuatan ruang angkasa utama pada tahun 2030, mengalahkan Rusia dan AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA