Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Surat, 27 Senator AS Minta Pemerintah Jangan Politisasi Bantuan Kemanusiaan Untuk Kuba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 Mei 2020, 13:01 WIB
Lewat Surat, 27 Senator AS Minta Pemerintah Jangan Politisasi Bantuan Kemanusiaan Untuk Kuba
Bendera Kuba/Net
rmol news logo Anggota parlemen Amerika Serikat mendesak Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin untuk tidak mempolitisasi bantuan kemanusiaan kepada Kuba.

Dalam surat yang ditujukan kepada Pompeo dan Mnuchin pada Selasa (5/5), sebanyak 27 senator AS mendesak pemerintah untuk menegaskan bahwa AS tidak melarang perusahaan dan entitas asing lain untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Kuba.

"Kami menulis ini untuk mendesak anda agar segera mengonfirmasi bahwa perusahaan dan entitas lain di seluruh dunia tidak dilarang oleh undang-undang AS untuk menyediakan peralatan medis, makanan, dan barang-barang kemanusiaan lainnya, serta informasi mengenai kesehatan masyarakat ke Kuba," bunyi surat tersebut.

Para senator menjelaskan, saat ini Kuba sudah menderita karena kekurangan makanan dan obat-obatan, terlebih harus menghadapi wabah Covid-19.

Mengingat dekatnya geografis antara Kuba dan AS, kondisi wabah di Kuba akan sangat mengancam kesehatan dan keselamatan orang Amerika dan negara-negara lainnya di kawasan Karibia.

Untuk itu, para senator meminta Pompeo dan Mnuchin untuk menyoroti hal tersebut.

Pasalnya, para senator mengungkapkan, mereka mendapatkan laporan bahwa perusahaan-perusahaan asing telah dilarang untuk menyediakan bantuan kemanusiaan kepada Kuba, termasuk untuk penanganan Covid-19. Para perusahaan tersebut bahkan khawatir akan hukuman atau sanksi dari AS jika mengirim bantuan kemanusiaan ke Kuba.

"Ini berbahaya dan bertentangan dengan tradisi lama kita tentang tidak mempolitisasi udara kemanusiaan," tegas para senator.

"Dalam keadaan darurat yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh virus mematikan yang begitu mudah menular. Kesehatan dan keselamatan masyarakat harus diutamakan," tutup surat tersebut.

Ada pun surat tersebut ditantangani oleh Senator Patrick Leahy, Senator Amy Klobuchar, hingga Senator Elizabeth Warren. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA