Farah.ID
Farah.ID

Dalam Sepekan, Angka Pengangguran Di Amerika Serikat Melonjak Hingga 3,2 Juta Orang

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 Mei 2020, 09:11 WIB
Dalam Sepekan, Angka Pengangguran Di Amerika Serikat Melonjak Hingga 3,2 Juta Orang
Seseorang berjalan di depan toko yang tutup/Net
Angka pengangguran di Amerika Serikat akibat wabah virus corona baru terus melonjak setiap harinya.

Dalam sepekan terakhir saja, data statistik dari Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan, sekitar 3,2 juta orang Amerika sudah mengajukan pengangguran. Itu artinya 1 dari 5 pekerja telah kehilangan pekerjaan mereka.

Angka tersebut juga membuat total pengangguran di AS saat ini mencapai 33,5 juta orang sejak penutupan skala besar yang dilakukan pemerintah pada pertengahan Maret.

Pada pekan pertama penutupan, ada 6,9 juta orang Amerika yang langsung kehilangan pekerjaannya.

Dari laporan yang dirilis pada Kamis (7/5) yang dikutip CGTN, tingkat produktivitas AS menurun 2,5 persen pada kuartal pertama 2020. Itu adalah penurunan terbesar sejak kuartal keempat pada 2015.

Survei yang dilakukan Reuters terhadap para ekonom menunjukkan, pemulihan untuk ekonomi AS akan lambat setelah PDB-nya merosot pada angka tertajam sejak Great Recession.

Seiring dengan melonjaknya angka pengangguran, angka kematian akibat Covid-19 di AS juga meningkat, sudah mendekati angka 75 ribu.

Ketika ditanya apakah akan ada lebih banyak kematian selama pembukaan kembali AS, Presiden Donald Trump mengakui bahwa lebih banyak kematian akan terjadi.

"Mungkin saja ada beberapa karena anda tidak akan dikunci ke apartemen atau rumah atau apa pun itu," kata Trump.

Saat ini, lebih dari setengah negara bagian di AS sudah mulai membuka kembali sektor ekonomi, meskipun ada kekhawatiran dari para ahli tentang memburuknya kasus dan kematian.

Misalnya saja Pennsylvania dan Arkansas yang bersiap untuk dibuka kembali pada akhir bulan ini.

ARTIKEL LAINNYA