Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Menurun, Australia Siapkan Rencana Pelonggaran Secara Bertahap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 Mei 2020, 11:59 WIB
Kasus Menurun, Australia Siapkan Rencana Pelonggaran Secara Bertahap
Perdana Menteri Australia, Scott Morrison/Net
rmol news logo Pemerintah Ausrralia mulai menyusun rencana penarikan aturan pembatasan sosial secara ketat dalam empat pekan secara bertahap.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Diungkapkan oleh sumber pemerintahan yang tidak diketahui namanya, kabinet nasional mulai membahas rencana tersebut pada Jumat (8/5), untuk memutuskan pembatasan mana yang akan mulai dicabut dalam tahap pertama.

Reuters melaporkan, dengan melambatnya jumlah infeksi virus corona baru di Australia, Perdana Menteri Scott Morrison mulai melakukan pembicaraan dengan para pemimpin negara bagian terkait pelonggaran kuncian.

Itu dilakukan agar pelonggaran tidak akan memicu adanya kebangkitan gelombang kedua infeksi yang bisa lebih buruk.

"Pembatasan akan dihapus secara bertahap dalam empat minggu," ujar seorang sumber.

Seakan membenarkan hal tersebut, Perdana Menteri negara bagian New South Wales, Gladys Berejiklian mengatakan penghapusan secara bertahap sangat diperlukan.

"Kita harus terus mendapatkan dasar dalam memerangi virus dan agar kita tidak kehilangan kekuatan," katanya kepada wartawan di Sydney.

"Saya ingin New South Wales (NSW) terus bergerak maju. Penting bagi kita untuk melakukan ini secara bertahap," tambahnya.

Hingga saat ini, Australia sendiri cukup berhasil mengendalikan infeksi dengan hanya memiliki kurang dari 7.000 kasus dengan hampir 100 orang meninggal dunia.

Namun, dengan pembatasan sosial secara ketat yang diberlakukan pemerintah, ekonomi Australia sudah terhuyung.

Angka pengangguran di Australia diperkirakan akan meningkat 10 persen untuk tahun ini. Bank of Australia juga memperkirakan PDB akan merosot 6 persen pada 2020. Pasalnya, menurut Bendahara Josh Frydenberg, Australia kehilangan 4 miliar dolar Australia dalam setiap pekannya selama pembatasan sosial. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA