Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Muhyiddin Umumkan MCO Malaysia Diperpanjang Hingga 9 Juni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 Mei 2020, 14:58 WIB
PM Muhyiddin Umumkan MCO Malaysia Diperpanjang Hingga 9 Juni
Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin/Net
rmol news logo Perintah Kontrol Gerakan atau movement control order (MCO) Malaysia akan diperpanjang selama satu bulan ke depan, hingga Juni.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam pidato khususnya pada Minggu (10/5), atau dua hari menjelang berakhirnya pemberlakuan MCO, Selasa (12/5)

Muhyiddin mengatakan, meski Malaysia sudah mendapat perkembangan positif terkait perang melawan virus corona baru, namun upaya tersebut belum sepenuhnya berakhir.

"Berdasarkan opini publik, saya menyadari bahwa orang ingin pemerintah untuk terus mengambil langkah yang diperlukan untuk memerangi epidemi," ujar Muhyiddin seperti dimuat CNA.

"Karena itu, atas saran Kementerian Kesehatan dan Dewan Keamanan Nasional, saya ingin mengumumkan bahwa MCO bersyarat, yang diberlakukan hingga 12 Mei, akan diperpanjang hingga 9 Juni, yang merupakan empat minggu lagi," lanjutnya.

MCO di Malaysia sendiri mulai berlaku sejak 18 Maret untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Muhyiddin hingga saat ini sudah memperpanjang MCO sebanyak tiga kali, dengan masing-masing dua pekan.

Di bawah MCO, sekolah dan bisnis yang tidak penting ditutup, sementara perjalanan domestik dan internasional pun dilarang.

Sejak diberlakukan, MCO memberikan dampak positif bagi penyebaran Covid-19 di Malaysia. buktinya, mulai pertengahan April, kasus baru harian di Malaysia mulai turun ke dua digit dari asalnya tiga digit.

Hingga Sabtu (9/5), Malaysia sudah melaporkan 6.589 kasus infeksi dengan 108 orang meninggal dunia. Sementara itu, sebanyak 75 persen dari pasien Covid-19 dinyatakan sudah sembuh dan 94,4 persen wilayah di Malaysia sudah dikategorikan Zona Hijau atau tanpa infeksi baru selama dua pekan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA