Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

587 Pekerja Migran Indonesia Terpapar Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 10 Mei 2020, 16:58 WIB
587 Pekerja Migran Indonesia Terpapar Covid-19
Menaker Ida Fauziyah/Net
rmol news logo Pandemik virus corona baru (Covid-19) harus benar-benar diwaspadai para atase ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan di masing-masing perwakilan diplomatik.

Sebab virus yang berasal dari Wuhan, China ini sudah menjangkit hampir seluruh dunia.

"Kami minta kepada para atase ketenagakerjaan untuk meningkatkan upaya pelindungan dan penanganan kasus PMI (pekerja migran Indonesia) akibat wabah virus corona atau covid-19 di negara-negara penempatan," kata Menaker Ida Fauziyah saat melakukan video conference dengan para atase ketenagakerjaan dari 11 negara penempatan di Jakarta, Minggu (10/5).

Berdasarkan laporan 12 atase di 11 negara penempatan, jumlah PMI yang terpapar Covid-19 sebanyak 587 orang, 224 orang di antaranya positif corona, 353 pekerja migran masuk karantina, dan 10 pekerja migran meninggal dunia.

Dari jumlah pekerja migran yang dinyatak positif, paling banyak berasal dari Malaysia, yakni sebanyak 108 WNI. Kemudian Uni Emirat Arab 40 orang, Arab Saudi 37 orang (22 orang di Riyadh dan 15 orang di Jeddah), Qatar 19 orang, Kuwait 13 orang, Singapura 5 orang, Taiwan 2 orang, dan Brunei Darussalam 1.

Sedangkan jumlah PMI yang masuk karantina sebanyak 353 orang berada di empat negara. Terbanyak di Korea sebanyak 173 orang, kemudian Qatar 91 orang, Arab Saudi 89 orang, dan Kuwait 10. 10 orang pekerja yang meninggal semuanya berada di Jeddah.

Ida Fauziah menegaskan, pemantauan situasi dan kondisi pandemik Covid-19 harus dilakukan rutin, termasuk pemantauan oleh para atnaker di negara penempatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ke Indonesia.

“Para atase naker saya minta waspada 24 jam, hape jangan dimatikan agar anak-anak kita bisa mengadu kapan pun. Ingat, orang sakit kan tidak kenal jam dan waktu. Jangan bosan memberi tahu anak-anak jangan mudik, angan lupa masker, jangan kumpul-kumpul, dan jangan lupa cuci tangan.

Turut hadir dalam video konferensi tersebut di antaranya Plt. Dirjen Binapenta & PKK, Aris Wahyudi; Direktur PPTKLN, Eva Trisiana; serta 12 Atase Ketenagakerjaan perwakilan RI dari 11 negara penempatan, yaitu Burnei Darussalam, Hongkong, Korsel, Malaysia, Singapura, Taiwan, Arab Saudi (Riyadh dan Jeddah), Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab dan Yordania. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA